Brilio.net - Ragam hias dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan bagian dari kebutuhan manusia terhadap rasa estetis. Tanpa disadari, kita sering menemukan produk yang memiliki ragam hias, di antaranya kerajinan kayu, kulit, logam, tekstil, dan keramik. 

Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola berulang dalam suatu kerajinan atau seni. Karya seni ini dapat berupa tenunan, tulisan pada kain, songket, ukiran, atau pahatan pada kayu atau batu. Ragam hias juga dapat distilasi sehingga bentuknya bervariasi. Ragam hias merupakan pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni.

Ragam hias juga merupakan komponen yang akan melengkapi bidang gambar sebagai bagian dari struktur yang ada di dalam karya seni. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai ragam hias, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (17/9).

Pengertian ragam hias

definisi dan teknik ragam hias © berbagai sumber

foto: Unsplash/Flo P

Ragam hias merupakan hasil budaya sejak masa prasejarah dan berkembang hingga kini. Secara umum, ragam hias merupakan keinginan manusia untuk menghias benda-benda di sekelilingnya. Istilah yang berkaitan dengan ragam hias adalah ragam. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ragam berarti pola atau corak, sedangkan corak berarti bunga atau gambar-gambar. Ragam hias juga dapat dimaknai sebagai suatu pola atau corak hiasan yang terungkap sebagai ungkapan ekspresi jiwa manusia terhadap keindahan atau pemenuhan kebutuhan lain yang bersifat budaya.

Ragam hias atau yang disebut dengan ornamen berasal dari bahasa Yunani yaitu "Ornare" yang berarti hiasan atau perhiasan. Ornamen dimaksudkan untuk menghias sesuatu bidang atau benda sehingga benda tersebut menjadi indah seperti yang kita lihat pada hiasan dinding rumah serta pada benda-benda antik lainnya. Pada rumah adat yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia, setiap motif ragam hias yang dipahatkan pada rumah adat mengandung makna yang dalam serta memiliki pesan yang tersirat di dalam motif yang indah.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR