Brilio.net - Kolase adalah karya seni dua dimensi yang memiliki komposisi artistik dan dapat dibuat dari berbagai macam bahan seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase juga dapat diartikan sebagai salah satu teknik menempelkan berbagai macam unsur ke dalam satu frame dan menghasilkan karya seni baru. Kolase sering digunakan sebagai media untuk melatih motorik halus pada anak usia dini. Selain itu, kolase juga dapat merangsang perkembangan kreativitas pada anak.

Pembuatan karya seni menggunakan teknik kolase memerlukan kesabaran dan keterampilan yang tinggi untuk menyusun dan menempelkan bahan sehingga dapat menjadi karya seni dua dimensi yang menarik. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai kolase, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (12/7).

Pengertian kolase

kolase dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Hannes Richter

Kata kolase berasal dari bahasa Prancis yaitu "coller" yang memiliki arti merekat. Kolase adalah sebuah teknik menempel berbagai macam unsur ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni yang baru.

Pendapat lain menyebutkan bahwa kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang merupakan penggabungan antara teknik lukis dengan menempelkan bahan-bahan tertentu ke dalam satu komposisi artistik sehingga menjadi satu kesatuan karya. Teknik menempel dengan kolase biasanya digunakan sebagai media untuk mengasah kreativitas anak usia dini dan melatih perkembangan motorik halus.

Dalam membuat kolase diperlukan kesabaran yang tinggi dan keterampilan dalam memadukan hasil lukisan dengan berbagai unsur agar karya seni terlihat indah dari segi estetika. Selain menggunakan bahan-bahan seperti kertas dan kain, kolase juga dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas. Selain memperlihatkan komposisi yang artistik, kolase juga biasanya mengandung cerita atau kesan tertentu.

Karya seni kolase juga memiliki perbedaan dengan seni lukis, pahat, atau cetak karena kolase tetap memperlihatkan bentuk asli dari material yang digunakan. Jika kolase dibuat dari bahan kayu atau potongan foto, material tersebut harus masih dapat dikenali bentuk aslinya walaupun telah dirangkai sedemikian rupa menjadi satu kesatuan karya.