Brilio.net - Momen paling berharga dan bahagia bagi mahasiswa adalah momen wisuda. Momen ini pastinya menjadi momen paling yang paling dinanti-nantikan oleh para mahasiswa. Pasalnya, mereka berhasil menyelesaikan masa studinya dan menyandang gelar sebagai sarjana. Maka dari itu, banyak dari para wisudawan yang mengabadikan momen bahagia ini dengan berfoto ataupun membuat video bersama orang-orang terdekat.

Momen foto wisuda biasanya dilakukan di studio foto ataupun foto outdoor di lokasi kampus tempat menimba ilmu. Hal ini seperti yang dilakukan oleh seorang wisudawati bernama Adelia yang mengabadikan foto wisudanya bersama keluarga dengan menyewa jasa seorang fotografer.

Namun, bukannya bahagia melihat hasil fotonya yang ia bayar dengan harga cukup tinggi, yakni Rp 750 ribu, justru membuat Adelia kecewa dengan hasil jepretan sang fotografer. Melalui akun media sosial TikTok milikinya yaitu @adeliarss17 ia mengeluhkan bahwa hasil foto wisudanya tidak sesuai dengan ekspektasi yang dia inginkan.

"Nyesek banget 750 ribu tapi potonya melayang," tulis Adelia, dikutip brilio.net dari @adeliarss17.

Bayar mahal untuk foto wisuda Tiktok

foto: TikTok/@adeliarss17

Berdasarkan penjelasan Adelia melalui video tersebut. Adel menjelaskan bahwa harga awal dari jasa fotografer tidak terlalu mahal. Harga foto awal sesuai dengan perjanjian yaitu berkisar Rp 250.000 sampai dengan Rp 300.000 saja. Namun pada saat fotografer tiba di rumahnya, harga jasa foto wisuda berbeda dengan kesepakatan awal menjadi Rp 750.000 untuk 20 lembar foto yang sudah diedit.

"Jadi sebelumnya itu harganya ga segitu. Palingan cuman 250 ribuan tapi bapak ini datang setelah satu bulan aku wisuda. Karena aku ga bisa ngontak bapaknya dan ga dikasih kontak sama dia. Dia datang dan ngasih harga jadi 750 ribu. Jadi mau ga mau aku bayar," jelasnya.

Tidak hanya terjadi pada Adelia.

Bayar mahal untuk foto wisuda Tiktok

foto: TikTok/@adeliarss17

Setelah proses pemotretan dan hasil jepretan sudah diberikan kepada Adelia, sebenarnya Adel sudah mengajukan komplain kepada pihak terkait mengenai hasil foto yang tidak sesuai dengan patokan harga awal. Namun, karena masih berbaik hati dengan sang fotografer dia membiarkan hal tersebut terjadi.

"Jadi sebenarnya aku udah komplain. Udah bilang, jadi mau gimana lagi. Dia juga udah tua.

Bayar mahal untuk foto wisuda Tiktok

foto: TikTok/@adeliarss17

Ternyata hal ini tidak hanya Adel saja yang kena tipu, namun beberapa teman Adel juga mengalami hal yang serupa. Perbedaannya dengan kasus Adel, hasil jepretan dari sang fotografer ini bagus dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

"Terus teman ku juga sama kayak gitu terjadi. Cuman foto-foto teman ku bedanya, fotonya bagus. Tapi dengan bapak-bapak yang lain gitu. Tapi dijebaknya juga sama kayak aku," jelasnya.

Bayar mahal untuk foto wisuda Tiktok

foto: TikTok/@adeliarss17

Terdapat alasan yang memilih Adel tetap menggunakan jasa fotografer ini. Alasan pertama yaitu studio foto yang ia tuju telah full booking. Hal ini dikarenakan informasi pelaksanaan wisuda baru disebarluaskan satu minggu sebelumnya. Alasan kedua, pada saat ingin foto di area kampus, kampus tidak mengizinkan sebab saat itu sedang maraknya penyebaran covid-19 dengan jenis delta. Sementara itu alasan ketiga, fotografer itu menunjukan beberapa portofolio wisuda hasil jepretannya yang cukup bagus.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR