Brilio.net - Orang Indonesia mungkin banyak yang tidak mengenal Wayang Beber. Ini merupakan seni wayang yang muncul dan berkembang sejak zaman pra Islam. Konon para walisongo mengodifikasi wayang ini untuk menjadi media dakwah kala itu. Kodifikasi ini kemudian menjadi wayang kulit seperti yang ada saat ini. Kesenian ini tidak hanya ada di Solo, namun juga di daerah lain sekitarnya seperti Yogyakarta dan Pacitan.

Walaupun tidak banyak orang yang mengenalnya, Wayang Beber ini tetap mempunyai nilai dan daya tarik tersendiri. Baru-baru ini, Luma Film, sebuah rumah produksi yang banyak menghasilkan film dokumenter dan animasi yang bermarkas di Zagreb, Kroasia membuat proyek Wayang Beber. Proyek ini difokuskan di Pacitan dan Yogyakarta serta di produksi di Kroasia.

Para peneliti itu menyebutkan bahwa Wayang Beber terbukti pernah menjadi segmen penting dari masa lalu Indonesia. Mereka melihat Wayang Beber mempunyai nilai historis yang tinggi serta mengilhami berbagai jenis kesenian lainnya di Jawa.

“Wayang Beber sering dinilai sebagai bentuk budaya menghilang dan kami menganggap itu menjadi sangat penting untuk mendokumentasikan sejarah, budaya dan artistik dan perannya dalam masyarakat setempat dan dalam yang lebih luas, sebelum terlambat,” tulis Luma Film dalam blog mereka, wayangbeberproject.wordpress.com.

Wayang Beber © 2016 brilio.net

Seniman Wayang Beber menunjukkan koleksinya. © 2016 /wayangbeberproject.wordpress.com

Dua orang yang menjadi bagian dari Luma Film untuk mengerjakan proyek ini adalah Tea Skrinjaric dan Marina Pretkovic, dua perempuan asal Kroasia. Keduanya sudah tertarik dengan Wayang Beber sejak pertama kali ke Indonesia pada 2013 lalu.

Tidak hanya mendokumentasikannya, mereka juga mencoba melakukan penelitian dengan metodologi etnografi dan antropologi. Salah satu bagian terpenting dari penelitian mereka adalah wawancara dengan seniman Wayang Beber yang masih tersisa. Proyek dilakukan sejak Juli 2016 dan akan berakhir pada Februari tahun depan (2017).

Wayang Beber © 2016 brilio.net

Pementasan Wayang Beber. © 2016/wayangbeberproject.wordpress.com

Kekayaan terpendam Indonesia seperti Wayang Beber dan berbagai kesenian tradisional lainnya perlu kita jaga bersama. Selain untuk menjaga jati diri bangsa, berbagai kesenian itu juga terbukti turut #BikinKerenIndonesia.

Kamu juga bisa ikut bikin keren dengan cara mengorek kembali kekayaan Indonesia yang terpendam. Kontribusimu juga bisa dilakukan dengan mengunjungi telkomsel.com/bikinkerenindonesia  untuk mendapatkan inspirasi yang lebih banyak. Selain itu, di sini kamu juga berkesempatan meraih hadiah cuma dengan share keindahan keberagaman Indonesia ke Instagram dan Twitter-mu. Ayo ikut semangat membangun negeri ini!