Brilio.net - Wawasan Nusantara diartikan sebagai cara pandang dan sikap terhadap bangsa Indonesia dalam menjaga kesatuan dan persatuan untuk tercapainya tujuan nasional. Dengan mempelajari wawasan Nusantara, maka akan tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap warga negara Indonesia.

Secara istilah wawasan Nusantara berasal dari tiga kata bahasa Jawa yaitu, 'wawas' yang artinya pandangan atau penglihatan, 'nusa' yaitu kesatuan kepulauan, dan 'antara' yaitu di antara dua benua dan dua samudera. Dari istilah berikut dapat disimpulkan bahwa, wawasan Nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang berada di antara dua benua dan dua samudera (bangsa Indonesia).

Sebagai warga negara dan bentuk rasa cinta terhadap Indonesia, maka sudah seharusnya untuk memahami negara sendiri dalam berbagai aspek. Maka dari itu, untuk memahaminya, masyarakat Indonesia perlu mempelajari tentang wawasan Nusantara.

Lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan asas wawasan Nusantara, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (10/5).

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR