Brilio.net - Hampir semua orang tak akan pernah lepas dengan yang namanya uang. Jika dahulu orang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan barter, kini uang digunakan sebagai alat tukar resmi yang digunakan hingga saat ini. Nah apakah kalian sering mencuci tangan setelah memegang uang? Jika tidak, kamu mungkin akan terkena berbagai bakteri dari kuman yang menempel pada uang.

Rupanya uang dapat menampung ribuan mikroba. Tak heran jika uang menyimpan banyak bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit. Jadi kalian harus mewaspadai bakteri yang terdapat pada uang. Untuk itu, penting menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh anggota tubuh.

Seperti saat ini mewabahnya wabah Covid-19 harus menjadi perhatian penting masyarakat terhadap sekitar. Selain memperhatikan kebersihan tubuh, penting juga untuk mengetahui kebersihan barang-barang sekitar kita, begitu juga dengan uang. Untuk keadaan seperti saat ini, masyarakat sebaiknya menghindari atau mengurangi menyentuh uang.

Hal tersebut bisa diganti menggunakan kartu ATM. Namun, apabila keadaan mengharuskan untuk kamu menyentuh uang, sebaiknya kamu membalut uang tersebut menggunakan tisu. Tisu dijadikan penghalang agar tangan tidak terkontaminasi bakteri yang terdapat pada uang.

Melindungi diri dan orang sekitar adalah kewajiban kita sebagai makhluk sosial. Saling mengingatkan juga merupakan salah satu kunci untuk selalu terlindungi. Mengingatkan tentang bakteri yang terdapat pada uang juga salah satu cara yang bisa dapat melindungi orang sekitar dari serangan penyakit.

Loading...

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Minggu (22/3) ini 10 bakteri yang terdapat pada uang, harus diwaspadai.

Bakteri yang terdapat pada uang, menurut penelitian dari Universitas Colorado Amerika Serikat yang menyebutkan kalau tangan manusia dapat mengandung 332 ribu bakteri yang berasal dari 4.700 jenis yang berbeda. Hal ini adalah hal yang wajar, mengingat kamu dapat memegang segalanya, mulai dari smartphone, sisa makanan, kursi pada angkutan umum, bersalaman dengan orang lain, sampai menyentuh toilet umum.

Kumpulan bakteri tersebut kemudian tersalurkan melalui uang, mengingat kita selalu menggunakannya untuk melakukan pembayaran. Uang-uang tersebut akan berputar mulai dari satu tangan ke tangan lainnya yang akhirnya mengakumulasi jumlah kuman dan bakteri yang ada di uang, hingga akhirnya tiba di tangan kamu. Karena perputaran inilah yang menjadikan banyak sekali bakteri yang terdapat pada uang.

Penelitian yang berasal dari buku Future Microbiology pada 2014 juga menyebutkan jika uang kertas yang merupakan hasil transaksi penjual makanan, terdapat bakteri Salmonella, Escherichia coli dan Salmonella aureus yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

1. Bakteri Staphylococcus aureus.

kenali bakteri pada uang © 2020 liputan6.com

foto: liputan6.com

Bakteri Staphylococcus aureus adalah jenis bakteri yang terdapat pada uang yang harus kamu waspadai. Bakteri Staphylococcus aureus dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada kulit hingga bernanah seperti bisul dan jerawat. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah.

Bakteri yang terdapat pada uang harus diwaspadai sebelum menyentuh area wajah yang sensitif. Setelah menyentuh uang, tangan kamu juga menyimpan banyak bakteri sumber penyakit.

2. Bakteri Escherichia coli, Salmonella, Bacillus cereus, dan Enterococci.

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya adalah bakteri Escherichia coli, Salmonella, Bacillus cereus, dan Enterococci. Bakteri ini dapat mengakibatkan seseorang keracunan makanan, dan menimbulkan gejala-gejala. Gejala-gejala yang ditimbulkan yakni seperti mual, muntah, demam, sakit kepala, hingga diare. Oleh sebab itu, penting untuk kamu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan dan minuman.

3. Bakteri Klebsielladapat.

Bakteri yang harus diwaspadai selanjutnya adalah Bakteri Klebsielladapat. Bakteri yang terdapat pada uang satu ini dapat menyebabkan pneumonia dan infeksi penyakit paru-paru. Apabila setelah pegang uang kamu menyentuh hidung kamu, bakteri ini harus kamu waspadai. Pentingnya menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh area wajah, agar kamu terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

4. Bakteri Serratiadapat.

kenali bakteri pada uang © 2020 liputan6.com

foto: halodoc.com via liputan6.com

Bakteri Serratiadapat adalah jenis bakteri yang dapat mengganggu saluran pencernaan. Bakteri yang terdapat pada uang satu ini harus kamu hindari dengan cara menjaga kebersihan tangan. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang harus lebih kamu perhatikan kebersihannya. Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang sesuatu, adalah kunci agar terhindar dari segala jenis penyakit.

5. Bakteri Penicillium.

Jenis bakteri yang terdapat pada uang satu ini dapat menyebabkan demam pada tubuh. Kondisi tubuh dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah akan menyebabkan kamu menderita demam. Namun, apabila kamu mencuci tangan setelah menyentuh uang, kamu akan terhindar dari penyakit yang akan menyerang tubuh kamu. Oleh sebab itu penting memperhatikan kebersihan tangan. Kebersihan tangan akan melindungi kamu dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

6. Bakteri Aspergillusniger.

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya yakni bakteri Aspergillusniger. Jenis bakteri satu ini berpotensi untuk menyebabkan kelainan pada fungsi paru-paru manusia. Oleh sebab itu, terapkan pola hidup sehat sejak dini agar kamu terhindar dari berbagai macam penyakit. Menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan tubuh, dan menjaga pola makan adalah kunci untuk menjadikan diri kamu lebih sehat.

7. Bakteri Enterobacter.

kenali bakteri pada uang © 2020 liputan6.com

foto: merdeka.com

Jenis bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya adalah Bakteri Enterobacter. Bakteri Enterobacter dapat menyebabkan infeksi pada saluran tubuh manusia, terutama menyebabkan infeksi pada kulit. Selain mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh area wajah, penting untuk kamu mencuci tangan sebelum menyentuh kulit kamu sendiri. Baik kulit di daerah tangan, kaki, atau daerah yang lainnya.

Di tengah merebaknya wabah Covid-19 ini, penting untuk memperhatikan himbauan-himbauan yang dianjurkan oleh pemerintah dan/atau organisasi kesehatan dunia. Himbauan tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dengan membatasi diri untuk menyentuh barang dan alat yang terdapat banyak bakteri. Salah satu contohnya adalah menyentuh uang.

8. Bakteri Cryptococcus.

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya yakni bakteri Cryptococcus. Jenis bakteri tersebut dapat menyerang seseorang dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem syaraf manusia. Bagi kamu yang sistem imun atau kekebalan tubuhnya lemah, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menyentuh uang. Jenis bakteri yang terdapat pada uang satu ini harus lebih kamu waspadai.

9. Bakteri Acinetobacterdapat.

Bakteri Acinetobacterdapat adalah jenis bakteri selanjutnya yang terdapat pada uang. Bakteri Acinetobacterdapat dapat menyebabkan infeksi nosokomial yang membuatnya resisten terhadap segala bentuk antibiotik. Terdapat beberapa penyakit yang paling sering terjadi akibat infeksi nosokomial adalah: Infeksi aliran darah primer (IADP), pneumonia, Infeksi Saluran Kemih (ISK), dan Infeksi Luka Operasi (ILO).

10. Bakteri Candida.

Bakteri yang terdapat pada uang selanjutnya adalah jenis bakteri Candidia. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Selain Bakteri Enterobacter yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit, bakteri Candida juga merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Oleh sebab itu, jaga gaya hidup dan pola makan aag terhindar dari berbagai macam bakteri. Salah satunya adalah bakteri pada uang.

RECOMMENDED BY EDITOR