Brilio.net - Umumnya, wanita mengalami menstruasi hanya berlangsung satu minggu. Namun apa jadinya bila seorang wanita mengalami datang bulan selama 5 tahun? Itulah yang dialami wanita asal Perth, Australia, Chloe Christos (27).

Chloe mengatakan, pertama kali mengalami menstruasi saat usianya menginjak 14 tahun. Masa menstruasinya baru berhenti saat Chloe berusia 19 tahun. Hingga dia tahu ternyata dirinya mengalami anemia berat dan butuh infus seminggu sekali. "Saya tahu ini tidak normal, tapi saya malu membicarakannya," katanya, seperti dikutip brilio.net dari Womenshealth, Senin (25/4).

Wanita mens 5 tahun © 2016 brilio.net

"Ketika berusia 19, seorang dokter melakukan tes darah dan menemukan kalau saya memiliki penyakit Von Willebrand, gangguan pendarahan yang membuat darah sulit membeku. Sayangnya, ketika itu dokter belum bisa menemukan obat yang tepat karena baru beberapa tahun kemudian dia memberikan saya pengobatan," ujarnya.

CEWEK JUGA WAJIB BACA: 16 Foto ini jadi bukti kalau wanita gampang banget jadi korban iklan!

Situs kesehatan Mayo Clinic mencatat penyakit Von Willebrand merupakan kondisi perdarahan berlebihan. Biasanya kondisi ini ada hubungannya dengan genetik. Namun pada kasus tertentu, kondisi ini dapat berkembang pada seseorang.

Wanita mens 5 tahun © 2016 brilio.net

Beberapa dokter menyarankannya untuk melakukan histerektomi (angkat rahim), tapi ia menolaknya. "Saya tidak pernah tahu kapan saya menginginkan anak, tapi saya tidak ingin menyingkirkan apa yang membuat saya menjadi seorang wanita," katanya.

Untuk menjaga kondisinya, Chloe akhirnya mengonsumsi obat sintetis selama tujuh tahun. Dia menuturkan obat tersebut memiliki efek samping yang mengerikan. "Pada satu titik, obat ini membuat saya merasa seperti tidak bisa bekerja atau meninggalkan rumah dan berakhir di UGD sampai tiga kali seminggu," paparnya.

Hingga akhirnya, dia mengunjungi pusat hemofilia dan melakukan infus. Cara ini pun bekerja. Dia sekarang memiliki periode menstruasi normal yang berlangsung empat sampai lima hari. "Itu terjadi untuk pertama kalinya kurang dari sebulan lalu. Saya benar-benar sangat beruntung menemukan sesuatu yang bekerja untuk saya," katanya.

Kini Chloe pun bisa tersenyum lepas setelah dirinya menjadi wanita normal.

Wanita mens 5 tahun © 2016 brilio.net