Brilio.net - Jaringan 5G resmi hadir di Indonesia pada akhir Mei lalu. Meski baru digunakan di enam titik residensial di ibu kota, kehadiran 5G menjadi titik awal perkembangan teknologi yang lebih canggih di Indonesia.

Kecepatan jadi salah satu kelebihan yang ditawarkan jaringan seluler generasi kelima ini. Dibanding generasi sebelumnya, kecepatan jaringan 5G dapat mencapai 10 hingga 20 kali lebih cepat.

Namun, kelebihan jaringan 5G tak hanya soal kecepatan saja. Masih ada banyak keunggulan 5G lain yang bisa kamu manfaatkan.

Seperti deretan hal menarik yang bisa kamu manfaatkan dari layanan 5G berikut ini, sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/6).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Memperlancar transaksi keuangan.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat ini, layanan m-banking dan e-wallet semakin memudahkan proses transaksi keuangan. Sayangnya, sering kali pengguna layanan ini mengalami kendala seperti gagal transfer. Salah satu penyebab kendala ini tak lain adalah sinyal yang tidak stabil.

Kehadiran jaringan 5G membantu permasalahan ini. Sinyal yang lebih stabil dari 5G mampu mempercepat dan menekan kegagalan transaksi elektronik.

2.Mengunduh file besar.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kecepatan sinyal stabil dan latensi rendah 5G memungkinkanmu mengunduh file besar dalam hitungan detik. Hal ini sesuai dengan penemuan Verizon, penyedia layanan internet di Amerika Serikat yang membandingkan kecepatan 5G dan 4G.

Verizon mengungkapkan pada kemampuan mengunduh, jaringan 5G stabil pada kisaran 634Mbps sedangkan 4G bertahan di 27,9Mbps. Dengan temuan ini bisa disimpulkan, untuk mengunduh film kualitas FHD ukuran 2 GB hanya perlu menunggu selama 2 detik. Sementara untuk game PC berukuran 11 GB, bisa mengunduhnya hanya dalam waktu 17 detik.

3. Streaming konten virtual reality.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Menikmati konten virtual reality (VR) secara real-time bisa kamu rasakan dengan layanan 5G. Bukan tanpa alasan, kecanggihan teknologi 5G mengurangi latensi tinggi yang jadi kelemahan VR dan augmented reality (AR).

Dengan begitu, data akan ditransfer secara cepat. Jadi tidak perlu menunggu lama konten VR diunduh ke headset VR.

Kelebihan teknologi 5G ini bisa dirasakan langsung dengan smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G. Salah satunya adalah Oppo Reno5 5G.

Smartphone 5G Oppo yang dirilis pada akhir Januari lalu ini didukung dengan Snapdragon 765G. Selain itu, penyimpanan internal 8GB + 128GB di dalamnya akan memperlancar pengalamanmu berselancar dengan jaringan 5G.

Tak hanya menikmati konten tanpa lag, teknologi 5G di Oppo Reno5 5G juga sangat berguna untuk mengunggah konten. Dengan kelebihan 5G, konten berkualitas HD atau 4K bisa kamu unggah ke media sosial secara cepat.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Terlebih, berbagai fitur Oppo Reno5 5G memang didesain untuk kreator konten. Sebut saja seperti fitur dual-view video yang bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Teknologi Oppo Image-clear Engine dan Ultra-clear 108MP Image dengan AI juga memudahkanmu menghasilkan konten apik.

Masih banyak fitur Reno5 5G yang tak kalah menarik. Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan spesifikasi Oppo Reno5 5G, informasi lebih lanjut bisa kamu temukan di sini.

4. Konferensi video dengan resolusi sangat tinggi.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sekarang, melakukan konferensi video secara real-time dengan resolusi sangat tinggi bukan hanya jadi impian belaka. Hal ini dapat terwujud berkat kemampuan memproses data yang sangat cepat dari 5G.

Jadi, nggak ada lagi deh cerita video call terputus atau gambar yang patah-patah selama melakukan panggilan.

5. Mengubah laptop jadi monitor CCTV.

hal menarik manfaatkan dari layanan 5G © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

CCTV kini sudah semakin banyak digunakan demi alasan keamanan dan bentuk proteksi. Menariknya, dengan jaringan 5G, kamu bisa mendeteksi objek asing secara real-time hanya bermodalkan laptop. Ya, 5G bisa mengubah laptop menjadi monitor CCTV dengan tingkat akurasi real-time yang tinggi.

Meski hanya bermodalkan laptop, kualitas gambar HD bisa kamu dapatkan. Hal ini tentu akan mempermudah untuk memindai plat nomor kendaraan atau pengenalan wajah yang lebih baik.

RECOMMENDED BY EDITOR