Brilio.net - Popcon Asia bakal kembali digelar untuk keenam kalinya di Hall B, JCC Senayan pada 5-6 Agustus. Nah festival pop culture terbesar di Tanah Air kali ini  mengusung tema Pop Parade bakal menampilkan berbagai karya terbaik pelaku industri kreatif mulai dari animasi, film, komik, mainan hingga game.

Berbeda dengan gelaran tahun sebelunmya, dalam perhelatan kali ini bakal dihadiri lebih banyak ikon pop culture dunia seperti dua bersaudara pemeran Power Ranger Biru Yoshi Sudarso (Power Ranger Dino Charge) dan Peter Sudarso (Power Ranger Ninja Steel). Kemudian ada Walter Jones si Power Ranger Hitam di serial Mighty Morphin Power Ranger.

Popcon Asia 2017 © 2017 brilio.net

Lalu ada aktor legendaris asal Jepang Kenji Ohba yang punya nama asli Kenji Takahashi si pemeran Gavan pertama. Selain itu ada Yuma Ishigaki, The New Gavan yang mendapat tongkat estafet dari Kenji. Lalu ada penulis manga asal Negeri Sakura Tooru Fujisawa dan isterinya Ayano Fujishawa, aktris Jepang, serta Youtuber Filipina Chris Cantanda yang dikenal dari kanal ChrisCantadaForce.TV.  

Selain itu ada juga Aimee de Jongh, cewek multitalenta asal Belanda yang merupakan seorang animator, ilustrator, komikus dan penulis novel grafis. Aimee sukses dengan sederet karya terkenal seperti serial komik Snippets dan novel grafis pemenang penghargaan Prix St Michael “The Return Of The Honey Buzzard” yang telah diangkat menjadi versi live-action film pada Maret 2017. Dia juga berkecimpung di dalam dunia animasi dengan karya Behind the Telescopes.

Popcon Asia 2017 © 2017 brilio.net

Sedangkan dari dalam negeri ada Gamelawan, grup musik asal Lamongan besutan Awan cs yang berkarya membuat video-video cover lagu barat dengan improvisasi musik gamelan sehingga menambah nuansa musik Jawa. Juga bakal ada Gafarock yang dikenal luas karena keahliannya mengcover lirik lagu Pop menjadi bahasa Jawa.

“Popcon Asia siap memfasilitasi segenap pihak yang ingin membesarkan industri kreatif dan pop culture Tanah Air,” ujar Co-founder Popcon Asia  Grace Kusnadi dalam acara kick off Popcon Asia 2017 di Sultan Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (2/8).

Popcon Asia 2017 © 2017 brilio.net

Grace berharap acara ini bisa memuaskan para fans yang ingin menghabiskan waktunya dengan berbagai hal keren termasuk bertemu para idola. “Kedekatan, chemistry dan intimacy antara idola dan penggemar yang kami bangun, memungkinkan mereka tidak berjarak dengan para tokoh kenamaan,” lanjut Grace.

Dalam ajang kali ini juga bakal ada yang beda lho. Produser Sheila “Lala” Timothy melalui rumah produksinya, Lifelike Pictures, bakal menggelar costume play karakter pendekar legendaris, Wiro Sableng lewat acara bertajuk Wiro Sableng Experience.

Popcon Asia 2017 © 2017 brilio.net

“Kami mengundang orang untuk datang pakai baju Wiro Sableng. Hashtag kami kan #SiapSableng, jadi sesableng mungkin lah. Nanti kami akan pilih pemenangnya. Cewek jadi Wiro Sableng juga boleh,” ujar Lala.

Selain itu dalam acara ini juga bakal hadir sejumlah seniman dari delapan negara peserta, termasuk Belanda, Prancis, Jepang, dan Korea Selatan. Co-Founder Popcon Asia Sunny Gho menjelaskan, pihaknya selalu ingin meendukung perkembangan industri kreatif agar bisa maju dan punya impact. Nah tahun ini Popcon Asia punya program khusus lho, Popconnect yaitu ajang untuk mempertemukan para pelaku industri kreatif. “Kita ingin membantu perusahaan-perusahaan yang ikut di Popcon untuk mencari talenta yang bertebaran di Popcon,” katanya.

Popcon Asia 2017 © 2017 brilio.net

Acara ini untuk kedua kalinya mendapat dukungan pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak menjelaskan ajang ini sangat positif bagi perkembangan ekonomi kreatif Indonesia. “Ini adalah bagian dari upaya meningkatkan penyerapan produk dan jasa kreatif,” kata Joshua.

Ditargetkan acara ini akan dikunjungi sedikitnya 25 ribu orang. Maklum deh banyak kreator yang siap memanjakan pengunjung. Nah buat kamu yang masih penasaran kayak apa serunya acara ini nantinya, klik aja di sini