Brilio.net - Dalam berkendara, pastinya kita menginginkan jalan yang halus dengan suasana yang bikin damai. Namun, rupanya tidak semua jalan mempunyai tipe yang seperti itu. Ada banyak jalanan rusak yang membuat perjalanan kita jadi penuh emosi. Belum lagi banyaknya jalan berlubang maupun polisi tidur yang bikin bising sekaligus kaget.

Namun, ada juga lho jalan unik yang bikin para pengendara bakal betah melewatinya. Jalanan tersebut dapat menciptakan nada sebuah alunan musik jika sebuah kendaraan melewatinya. Jalan tersebut disebut singing Road atau jalan bernada, yang merupakan marka jalan berbentuk rumble strip yang dipasang di jalan.

Ketika mobil melewati marka tersebut, maka akan menimbulkan suara dengan nada sesuai instrumen yang dibuat. Ini tentunya sangat menarik bagi para pengendara agar perjalanan tidak membosankan. Selain itu, kegunaan jalan bernada adalah untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Jalan bernada Berbagai sumber

foto: TikTok/@tomika1021

Seorang pengguna Tik Tok bernama @tomika1021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya berkendara di suatu Jalan. Tidak berapa lama, terdapat simbol nada di aspal jalan tersebut. Seketika, sebuah nada indah keluar ketika ia melewati titik-titik berwarna putih di jalanan tersebut yang ternyata berfungsi sebagai instrumen.

Jika dilihat dari captionnya, tampaknya jalanan tersebut berada di Hungaria. Dilansir dari worldofbuzz, jalanan bernada tersebut biasa umum terjadi di negara-negara Eropa. Diketahui bahwa konsep nada pada jalan tersebut ditemukan pada tahun 1995, hingga beberapa negara mulai membuat versinya sendiri.

"#normal tempo#full version#Hungary #67Road #tomika1021," tulis @tomika1021 pada caption unggahannya.

Jalan bernada Berbagai sumber

foto: TikTok/@tomika1021

Seketika video tersebut pun viral dan mendapat beragam komentar dari warganet lantaran unik. Video tersebut sudah dilihat hingga 7,5 juta penonton dan mendapat 1,2 juta suka. Warganet berharap bahwa di negaranya seharusnya terdapat jalan unik tersebut agar perjalanan terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

@tomika1021

##normal tempo##full version##Hungary##67Road##tomika1021

eredeti hang - tomika1021

Di Denmark, dua seniman juga membuat dengan konsep "Asphaltophone" di mana titik berwarna putih yang menonjol pada jalan digunakan sebagai instrumen untuk membuat musik. Tentunya menarik bukan jika sebuah pengingat jalan dibuat bernada seperti ini?

Di Indonesia sendiri, jalan bernada ini pertama kali dipasang di Indonesia sejak Desember 2019, di jalan tol Trans Jawa. Ada dua jalan bernada yang dipasang, yang pertama dipasang tepat di Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri Km 616. Di jalan ini, terdapat dua nada saja.

Sedangkan yang kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo), yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap. Di jalan ini, menghasilkan nada lagu "happy birthday to you" atau selamat ulang tahun yang sudah dipasang sejak tahun 2019.

Jalan bernada Berbagai sumber

foto: Jasa Marga