Brilio.net - Demi menegakkan aturan, Pemerintah akan melakukan berbagai cara saat warganya melakukan kesalahan. Seperti yang dilakukan Dinas Perhubungan di Bandung, ketika memberi peringatan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm.

Cara yang digunakan untuk menegur ini bisa dibilang agak unik, dan mengundang tawa karena video peringatan ini memberikan himbauan dengan cara kocak, dan diedit menjadi kocak. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemudian membagikan rekaman CCTV Dishub Bandung tersebut di laman Instagram pribadinya.

Sembari membagikan video tersebut, Ridwan Kamil juga menuliskan imbauan bagi seluruh warga Jawa Barat.

"Jaga keselamatan dan jaga protokol kesehatan. Selama berkendaraan, karena covid masih mengintai mereka yang lengah. Dan jika ketahuan melanggar, siap-siap mendengar suara kendang bersahutan Taratakdung taratakdung punten akang teteh," tulis Kang Emil.

Pada awal video, nampak sebuah tampilan CCTV yang menyajikan suasana langsung dari perempatan Pahlawan Suci, Kota Bandung. Di sana, nampak pengemudi sepeda motor yang mendapat teguran petugas melalui pengeras suara.

Loading...

"Selamat sore, selamat datang di simpang Pahlawan Suci. Kami dari Dinas Perhubungan Kota Bandung menghimbau untuk kendaraan roda dua yang membawa penumpang tidak menggunakan helm, silakan untuk digunakan helmnya. Jika tidak, ikuti arahan dari kami," jelas petugas.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @ridwankamil, pada Selasa (28/7). Awalnya, teguran tersebut nampak seperti teguran seperti biasanya. Namun, suara wanita tersebut nampak menggelitik ketika mengikuti irama kendang yang viral di TikTok, dan sontak semua pengemudi motor mengalihkan pandangan kepada sosok pengendara dengan ciri-ciri yang telah disebutkan petugas.

"Akang berkupluk kuning, kalau saya bilang turun, turun ya. Akang kendang, turun, turun, turun," ujar suara wanita dalam video yang diiringi dengan suara kendang.

Unggahan video tersevut lantas dibanjiri berbagai komentar warganet. Mereka menuliskan berbagai pujian hingga komentar kocak di kolom postingan Instagram.

"Semoga segera bisa dicontoh di seluruh indonesia, sanksi sosialnya ngena!," tulis akun @lanasyarif8

"Akang kendang kalau saya bilang sayang, sayang ya :(," tulis akun @desty_nw

"Akang kendang...... Turun... Turun... Turun..... Akang kendang.... Tuntun... Tuntun... Tuntun.... Bandung siip ," tulis akun @nisrina_suryana11

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selama bekendaraan, karena covid masih mengintai mereka yang lengah. Dan jika ketahuan melanggar, siap2 mendengar suara kendang bersahutan. “Taratakdung taratakdung..punten akang teteh” Follow akun petugasnya @widyagumiho Cc @atcs.kotabandung

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

RECOMMENDED BY EDITOR