Brilio.net - Dalam agama Islam, membaca Alquran sangat dianjurkan untuk dilakukan atau diamalkan. Hal tersebut menjadi ibadah penyempurna dalam aktivitas sehari-hari. Maka tak heran banyak orangtua mengarahkan anaknya belajar mengaji sejak dini. Biasanya anak-anak akan mengaji bersama teman-temannya di masjid atau surau dipandu oleh ustaz atau ustazah.

Hal ini dilakukan dengan harapan, saat dewasa nanti mereka bisa fasih dalam membaca ayat-ayat Alquran. Tak sekadar membaca, biasanya dalam melantunkan ayat suci Alquran ada irama yang mengiringi bacaan. Biasanya ayat-ayat Alquran dibaca dengan tartil atau qiroah. Nada-nadanya pun beragam sehingga indah dan nyaman untuk didengar.

Kalau biasanya kita mendengar lantunan ayat suci Alquran dari seorang qori' atau qoriah, berbeda dengan yang satu ini. Sebuah rekaman video menampilkan seorang dengan gangguan jiwa membaca ayat suci Alquran. Sontak unggahan tersebut menjadi heboh di media sosial. Video tersebut membuat jutaan warganet sedih namun takjub.

Video orang gangguan jiwa melantunkan ayat Alquran Facebook

Video orang gangguan jiwa melantunkan ayat Alquran-Facebook /Rahcman Payuyu

Loading...

Awalnya, seorang warga meminta seorang wanita pengidap gangguan jiwa ini untuk membaca salah satu surat dalam Alquran, yaitu Al Baqarah. Tak langsung mengiyakan, wanita ini sempat malu dan tidak percaya diri. Namun pada akhirnya para warga berhasil membujuknya untuk melantunkan salah satu surat Alquran tersebut.

"Ayu mulai bismillah, wa minannas, ayo, ujar salah satu warga.

Saat mendengar warga memintanya untuk melantunkan surat tersebut, wanita ini mulai membaca bismillah dan melantunkan ayat dalam surat Al Baqarah dengan merdu dan fasih. Ia pun terhenti saat mendapat satu ayat. Para warga pun menyuruhnya untuk tidak malu.

"Ayo terus, terus tak usah malu. Ayo," ujar salah satu warga.

Video orang gangguan jiwa melantunkan ayat Alquran Facebook

foto: Facebook/Rahcman Payuyu

Tak ada yang menyangka bahwa wanita gangguan jiwa berbaju compang-camping melantunkan salah satu ayat dalam surat Al Baqarah dengan lancar. Bukan hanya membaca, wanita ini melantunkannya dengan tartil yang indah dan makharijil huruf (tata cara membaca dalam Alquran) yang lancar. Tak hanya diam, warga yang berada di sekelilingnya mengucapkan "Allah" saat wanita ini membaca ayat demi ayat.

Saat mendengar suara merdunya tersebut para warga sontak mendokumentasikan dan membagikannya di media sosial. Setelah wanita ini selesai melantunkan ayat dalam surat Al Baqarah tersebut, mereka sontak tepuk tangan dan mengucapkan "Subhanallah."

Hal ini terlihat dalam sebuah akun Facebook bernama Rahcman Payuyu. Sampai saat ini video tersebut telah disukai lebih dari 27 ribu akun dan dibagikan lebih dari 1,6 juta kali. Warganet pun ramai-ramai mendoakan agar wanita ini diberikan sehat, dan lekas sembuh. Bahkan ada beberapa warganet yang mengatakan bahwa pria ini menjadi contoh kenapa manusia yang "waras" justru malas membaca Alquran.

"Masyaallah suaranya merdu...insya allah akan diberikan kesembuhan," tulis akun Bundanya Afrilyanto.

"Masya Allah suaranya,semoga Allah pulihkan ingatannnya ya ibu ..," timpal akun Acah Mamah Najma.

"Subhanallah suarax kok merdu bget walau pun dy sedang sakit tp dia tdk melupakan ayatullah masih melekat di ingatanx...mungkin ada hikmah di balik semua ini adalah rencanaNYA berharap beliau bisa sembuh betapa terharu nya aq saja gak bisa tp beliau luarbiasa," tambah akun Sonya Glucola Mci.

"Aku yang sempurna akal pun malu dan menitis airmata kerana tidak peroleh suara sepertinya untuk membaca dan memuji allah . semoga d beri kesembuhan padamu ibu," timpal Soo Fea'naa.

RECOMMENDED BY EDITOR