Brilio.net - Wisuda merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi seorang pelajar maupun mahasiswa. Setelah menimba ilmu selama beberapa tahun, wisuda seakan jadi garis akhir perjuangan seseorang di masa pendidikannya tersebut.

Namun, di tengah pandemi virus corona yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu, membuat beberapa universitas tak lagi bisa menyelenggarakan prosesi wisuda secara langsung untuk para mahasiswanya yang telah lulus.

Dengan adanya imbauan pemerintah untuk tetap menjaga diri dari kerumunan orang, membuat mahasiswa yang lulus pada tahun ini harus rela melaksanakan prosesi wisuda dengan cara online atau virtual. Untuk mengikuti wisuda online ini, biasanya pihak kampus akan mengkoordinasi mahasiswanya yang akan diwisuda untuk standby dalam video conference yang sudah diatur sedemikian rupa oleh universitas.

Sebenarnya, wisuda ini berjalan seperti pada saat wisuda langsung yang biasanya digelar di auditorium sebuah universitas. Namun yang membedakan adalah kini mahasiswa tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan dosen dan teman-temannya.

Hal itu tentu membuat euforia wisuda menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mahasiswa harus benar-benar menyiapkan koneksi internet yang stabil agar bisa lancar mengikuti prosesi wisuda online.

Loading...

Tak jarang, beberapa mahasiswa harus pergi ke tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. Seperti yang dialami oleh seorang mahasiswi asal Flores, bernama Katarina Oa Jebe, S.K.H ini. Dia memilih hutan sebagai tempat untuk mengikuti wisuda online.

Dilansir brilio.net dari akun Facebook Wollo Optimal pada Jumat (11/12), sebuah video prosesi wisuda seorang mahasiswi ditemani oleh orangtuanya mendadak viral. Mahasiswi bernama Katarina ini melakukan wisuda online di sebuah hutan. Katarina adalah mahasiswi asal Dusun Waibreno, Desa Baya, Adonara Tengah, Flores. Dirinya baru saja di wisuda pada Kamis (10/12).

Mahasiswi wisuda di hutan © 2020 brilio.net

foto: Facebook/@Wollo Optimal

Katarina mengikuti wisuda secara online di hutan karena sinyal internet di wilayahnya sangat terbatas. Karena dikhawatirkan akan mengganggu proses berjalannya wisuda, Katarina dan orangtua memilih Hutan Gaharu sebagai lokasi wisuda onlinenya.

"Katarina Oa Jebe, S.K.H seorang putri dari dusun Waibreno, Desa Baya, Adonara Tengah, Flores Timur, NTT yang pada hari ini mengikuti acara wisuda secara online. Karena Sinyal internet terbatas akhirnya melangsungkan acara wisuda di Hutan Gaharu," tulis Wollo Optimal di unggahannya.

Bahkan akun Facebook Wollo Optimal itu juga ikut menyiarkan secara langsung prosesi wisuda Katarina, di Hutan Gaharu. Dalam video tersebut, terlihat sebuah tenda dan balon huruf membentuk kata 'congrats' sebagai ucapan selamat atas diwisudanya Katarina.

Upaya Katarina mencari koneksi internet sampai ke hutan pun tak sia-sia. Ketika namanya dipanggil, ternyata Katarina meraih gelar cumlaude. Melihat perjuangan Katarina yang tak biasa ini, membuat warganet terharu. Banyak warganet mengucapkan selamat dan menunjukkan rasa bangga pada Katarina.

"Selamat dan Proficiat ya Oa Jebe atas wisudanya dan ini keren banget dapat predikat dengan pujian. Dan ini wisuda bersejarah karena wisuda online dan di kampung di kebun gaharu dengan PW Nana Anton dan Wae Nata sungguh luar biasa. Sukses ya dan salam buat semuanya. Muda2han Fransiska Lein juga nanti wisuda online di kampung ya," tulis Dagomes Lein dalam kolom komentar.

"Luar biasa,,sarjana lahir ditengah pandemi,,,sukses kedepanxdibalik kesuksesan anak ada orang tua yg hebat,,,selamat berbahagia ade n keluarga,,TYM," tulis Ina Nurak.

"Luar Biasa,dan Akan menjadi sejarah hidup mu ,, Profct ade, sukses selalu ina," tulis Ria Leyn.

RECOMMENDED BY EDITOR