Brilio.net - Melihat ikan berenang di parit adalah hal yang wajar bagi warga yang tinggal di pedesaan. Ikan yang biasanya dijumpai di parit adalah ikan-ikan liar berukuran kecil. Ikan-ikan ini biasanya berenang dengan cara bergerombol di dalam air.

Namun, bagaimana reaksimu jika melihat seekor ikan arwana berenang bebas dalam parit? Seperti yang baru-baru ini viral, seseorang melihat ikan yang terkenal dengan harga mahal itu sedang berenang bebas di parit.

Dilansir brilio.net dari TikTok @bleky87 pada Selasa (2/3), sebuah video di TikTok mendadak viral karena memperlihatkan seekor arwana berukuran cukup besar berenang bebas di sebuah parit. Arwana merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak digemari para pencinta ikan hias. Selain pesona, tekstur, dan corak yang memiliki daya tarik, masih ada kepercayaan di masyarakat, memelihara arwana mendatangkan hoki alias keberuntungan.  

Ikan arwana renang di parit © 2021 brilio.net

foto: TikTok/@bleky87


Tak heran jika hewan air yang kerap dijuluki 'ikan naga' ini tergolong mahal untuk jenis tertentu. Sementara itu, ikan yang berenang di parit tersebut diduga adalah jenis Arwana Golden yang diperkirakan punya nilai Rp 20 jutaan.

@bleky87

yg tau tempatnya bisa ambil #fyp #predatorfishing #arwana

DJ I am lady By Kelud Production - '

 

Video tersebut pun kemudian menjadi viral dan sudah ditonton sebanyak 1,4 juta kali lebih oleh warganet. Pada kolom komentar, banyak warganet menanyakan lokasi parit itu dan ingin menangkap ikan tersebut karena harganya mahal jika dijual.

"saya melihat uang sedang berenang," tulis Novia Angelina Chris.

"njir, arwana golden mahal bet woi ikan sultan," tulis Ibnu Rsyd.

"bisa bisa nya tu arwana d lepas d sumur," timpal Oca.

"bawa sini gpp saya tebus 70jt juga gpp sumpah," sahut Fajarnurbeta.

"Arwana emas bos itu 1 m harganya," kata Aris Nasfaan.

Dilansir dari website Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP, jenis ikan yang diduga Arwana Cross Back Golden itu bernilai puluhan juta rupiah. Untuk ikan berukuran 12 cm dihargai lebih dari Rp 10 juta dan ukuran 20-25 cm berkisar Rp 15 sampai 25 juta. Hal ini dikarenakan jenis arwana ini relatif lebih mahal bahkan paling tinggi dibandingkan lainnya karena termasuk jarang ditemui.