Brilio.net - Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan penampakan rumah megah bak istana di Garut, Jawa Barat. Meskipun masih belum sepenuhnya jadi, bangunan rumah dengan tiga lantai tersebut terlihat begitu megah bak bangunan istana.

rumah megah di tengah sawah  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Teteh Purnama Bundanya NengDinarolshop

Potret-potret penampakan rumah tersebut pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Facebook bernama Teteh Purnama Bundanya NengDinarolshop. Unggahannya menjadi viral lantaran warganet dibuat takjub dengan penampakan rumah mewah yang dibangun di tengah sawah tersebut.

Melalui unggahan di Facebook, Teteh Purnama mempertanyakan cerita tentang rumah yang ternyata sudah diberhentikan proses pembangunannya sejak lama. Menurut keterangannya, rumah yang terdiri dari 22 kamar tersebut berada di kawasan Limbangan, Lewigoong, Cibiuk, Garut.

Loading...

"Ada yang tau gak cerita tentang rumah ini.

ktanya ini d Garut limbangan, lewigoong , cibiuk

coba ceritain dong yg org garut pada tau gak,pengen tau saya ceritanya," tulis akun Teteh Purnama pada keterangan unggahannya seperti dikutip brilio.net, Senin (20/5).

rumah megah di tengah sawah  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Teteh Purnama Bundanya NengDinarolshop

Selain karena posisi rumah megahnya yang berada di tengah sawah, unggahan Teteh Purnama tersebut menjadi perhatian warganet lantaran bentuk bangunan yang sudah lama terbelangkai tersebut menghadirkan kesan seram. Tak hanya pemilik akun Facebook, warganet pun banyak dibuat penasaran dengan sosok pemilik bangunan dan cerita di balik berhentinya proses pembangunan.

Ramai menjadi perbincangan dan mengundang rasa penasaran warganet, seorang pemilik akun Facebook bernama Mas Jono yang mengaku sebagai cucu pemilik rumah memberikan klarifikasi mengenai rumah yang viral. Menurut pengakuan Mas Jono, rumah tersebut dibangun oleh sang kakek sebagai rumah masa tuanya. Namun di tengah proses pembangunan tersebut, sang kakek meninggal dunia.

Proses pembangunan rumah tersebut pun diberhentikan. Mas Jono juga mengungkapkan jika anak-anak tak ada yang mau melanjutkan membangun rumah tersebut, dan memutuskan untuk menjual rumah tersebut dengan harga murah.

rumah megah di tengah sawah  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Adie Famo'z

"Jangan buat isu yang gak pasti!! Itu rumah kakek sy dan dulu rencana mau buat rumah masa tua ternyata takdir berkehendak lain, jd pembangunan di berhentikan trs anak2 dr kakek sy termasuk bpk sy gak ada yg mau nglanjutin bangun rumah tsb, hasil musawrah anak2 kakek setuju rumah tsb utk dijual murah krn lanjut pembangunan msh banyak biaya yg hrs di keluaran," tulis Mas Jono.

Klarifikasi Mas Jono yang kemudian ramai tersebut kemudian dibantah oleh akun Facebook bernama Adie Famo'z. Melalui pesan singkatnya dengen Teteh Purnama, Adie menjelaskan bahwa Mas Jono bukanlah cucu sang pemilik rumah. Melalui unggahannya di Facebook, Adie Famo'z menjelaskan bahwa dirinya merupakan ahli waris sah rumah peninggalan sang ayah, H. Andi Efendi.

rumah megah di tengah sawah  © 2019 brilio.net

foto: Facebook/Adie Famo'z

"Maaf teh saya selaku ahli waris sah dr rumah yg lagi viral itu... Saya cuma mau klarifikasi mas jono itu bukan cucu dr pemilik rumah tersebut. Biar ga simpang siur langsung ke saya aja tntnag info rmh tsb. Cek post di fb saya," ungkap akun Adie Famo'z.

Meskipun sudah membantah pengakuan Mas Jono dan mengungkapkan jika bangunan tersebut merupakan milik sang ayah, namun Adie Famo'z tak menceritakan secara detail mengenai bangunan tersebut.

Sebelum mendapat klarifikasi dari sang ahli waris, unggahan Teteh Purnama tersebut mengundang beragam reaksi dari warganet. Banyak warganet yang meninggalkan beragam spekulasi mengenai rumah tersebut, dari cerita mistis hingga yang mengaku kenal dengan pemilik rumah tersebut.

Hingga kini postingan Teteh Purnama yang diunggah pada Kamis (16/5) lalu sudah dibagikan 3,4 ribu kali dan mengumpulkan 1,4 ribu komentar.

"Saya tau cerita asli rumah ini cuma sangat privasi karena berhubungan dengan pejabat kota garut di masa itu," ungkap akun Mei Kurniadi.

"Tapi dulu kalo saya lewat suka ada jemuran di bagian samping rumah kaya ada penghuninya gitu," tulis akun Vera Restu.

"Pernah dengar itu yg bangun tukang es batu," kata akun Mardha Erica.

"Saya or Garut.denger2 sih or nya udah meninggal...orang nya ikut pesugihan apa gitu...maka nya angker," imbuh akun Iyan Thea.

RECOMMENDED BY EDITOR