Brilio.net - Jika membayangkan tentang kandang ayam, mungkin hal pertama yang terbesit adalah kotoran dan bau tak sedap. Selain itu tempat yang tidak tertata rapi, sehingga membuat tak sedap dipandang. Apalagi jika kandang tersebut berdekatan dengan pemukiman warga, pasti bikin tak nyaman.

Namun, tidak semua kondisi peternakan ayam seperti itu. Beberapa orang bahkan membuat peternakan tersebut menjadi lebih indah, nyaman, dan jauh dari kesan kotor.

Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang bernama Tyo. Melalui akun TikTok @tyo00000, pria tersebut memamerkan penampakan peternakan ayam miliknya yang nggak biasa.

peternakan ayam unik © TikTok

foto: TikTok/@tyo00000

Dilansir dari TikTok @tyo00000, dalam video tersebut tampak asbes yang dibentuk segitiga layaknya atap rumah. Asbes itu digunakan sebagai tempat berteduh masing-masing ayam. Setiap kandang hanya diisi oleh satu ayam saja.

Disadur dari Instagram @wowfakta, Senin (9/5), ayam yang ada di sana kakinya diikat di pipa depan rumah segitiga. Lalu di dalam kandang, pemilik meletakkan tempat makan ayam masing-masing agar tidak berebut.

peternakan ayam unik © TikTok

foto: TikTok/@tyo00000

Menariknya, peternakan ayam ini sekilas tampak seperti perkampungan. Tempat tinggal ayam tersebut dibangun sejajar menyerupai rumah manusia pada umumnya.

Peternakan ayam ini semakin ciamik karena areanya bersih dari kotoran. Sang pemilik juga memberikan tanaman serta rumput untuk mempercantik peternakan.

Tyo juga memiliki kandang lain untuk induk dan anak ayam. Mereka disimpan di dalam kandang yang terbuat dari bambu dan atap asbes. Kandang itu juga lebih aman karena ada pintu dan tidak bersentuhan dengan tanah.

peternakan ayam unik © TikTok

foto: TikTok/@tyo00000

Peternakan ayam menyerupai perkampungan ini mendapat beragam respon dari warganet. Mereka ikut terkesima dengan kandang milik peternak tersebut.

"kok tanahnya bisa bersih dari kotoran ayam bang. gimana caranya abang bersihin?" kata @rfldsll.

"kok rajin sekali kandangnya, seneng loh liatnh," tulis @RuciL Cak Yud.

"salam kenal... halamannya bersih, tertata dg rapi," kata salah satu warganet.

"kreatifbaru lihat sy mliara jago kyk gni," timpal @arizen86.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)