Brilio.net - Bagi umat muslim hafal dan bisa membaca huruf hijaiyyah sudah merupakan keharusan. Sebab ini merupakan langkah penting agar bisa membaca Alquran. Memang pendidikan baca tulis Alquran diterapkan kepada anak sejak usia dini. Kamu dulu juga pasti pernah mengalami masa-masa ikut TPA di masjid atau musala dekat rumah kan?

Meski sudah dikenalkan sejak dini, namun biasanya anak-anak baru hafal dan lancar mengucapkan huruf-huruf tersebut ketika usianya di atas lima tahun. Tapi untuk bocah bernama Musa, ia sudah hafal sejak usianya masih 16 bulan.

Pada video yang viral, terlihat Musa dipandu ayahnya. Diawali dengan ucapan bismillah, sang ayah kemudian hanya memancing huruf pertama. Lalu bocah ini meneruskan lengkap sampai huruf ke-30. Meski pengucapannya belum semuanya benar, namun aksi pemilik nama lengkap Sambara Alfaruq Musa ini berhasil memukau warganet.

 

"Alhamdulillah. Diusia 16 bulan, Sambara Alfaruq Musa sudah hafal huruf hijaiyyah. Semoga diusia 5 tahun kelak, sudah jadi Hafiz Quran," tulis ayahnya dalam postingan Facebook, seperti brilio.net kutip pada Selasa (29/1).

Ternyata tidak cuma huruf hijaiyyah saja yang ia hafal. Dari akun Instagram yang dikelola oleh orangtuanya ini, ada salah satu video yang memperlihatkan Musa sedang menghitung. Ia berhitung dari angka 1-10 juga dengan lancar. Orangtuanya mengklaim sebenarnya Musa bisa berhitung sampai 100, namun hanya bisa mengucap ujung-ujungnya saja.

bayi 16 bulan hafal hijaiyyah © Instagram/@sambara_alfaruq_musa
foto: Instagram/@sambara_alfaruq_musa

Tentu saja aksi bocah asal Jambi ini mendapat pujian dari warganet. Video yang diunggah oleh sang ayah pada akun Facebook tersebut sudah disaksikan lebih dari empat juta kali. Selain itu postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 143 ribu kali.

"Subhanalloh .... Msh kecih dah hafal huruf hijaiyah," ujar akun Tofik Fauzan.

"Subhanallah nak se usia mu dah hapal hurup hijaiyyah...semoga dah dewasa jdi penghapal alquran," tulis akun Jejen Nurkoni Bah Topan.

"Semoga anakku nanti jg pinter sprti ini," ungkap akun Yolla Vatta.