Brilio.net - Petai merupakan jenis polong-polongan yang memiliki aroma yang khas. Aroma khas itulah terkadang membuat seseorang enggan untuk mengonsumsinya.

Namun, di balik aroma yang sedikit tidak sedap itu tersimpan kenikmatan yang tiada tara bagi mereka yang menjadikan petai sebagai makanan favorit. Nggak hanya di Indonesia, penggemar petai juga dari berbagai belahan dunia

Entah karena minimnya pasokan atau minimnya pedagang yang menjual, terkadang membuat harga petai melambung tinggi. Seperti yang terjadi di Malaysia, kini harga 1 kilogram petai diketahui setara dengan daging sapi, yakni RM 60 atau Rp 200.000-an.

Lantaran mahal, ada salah satu penjual yang melakukan cara berbeda agar pelanggannya dapat menikmati petai. Pria bernama Rob Machado itu menjual petai dengan cara unik. Jika umumnya petai dijual per papan atau per ikat, Rob Machado menjualnya secara eceran per butir.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Melalui akun Facebooknya, Rob Machado pun mempromosikan jualannya tersebut. Menurutnya dengan menjual petai eceran, banyak orang dapat menikmati makanan tersebut dengan harga yang masih terjangkau.

Adanya Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) membuat banyak orang yang tak memiliki uang untuk membeli petai dengan harga mahal. "Banyak orang Malaysia yang tidak mampu membeli petai saya. Jadi, saya menyuruh staf saya untuk mengemasnya dalam paket kecil," kata Rob Machado seperti dikutip oleh brilio.net dari World of Buzz, Senin (8/2).

Viral aksi pria jual petai per butir Facebook © 2021 brilio.net

foto: Facebook/@Rob Machado

Harga petai yang mahal, akhirnya Rob Machado menjual petai secara ecer dengan mengemasnya per butir layaknya sebuah permen. Setelah dikupas, ia memasukan petai tersebut ke dalam plastik kecil lalu direkatkan menggunakan mesin vacum hingga rapat. Hal itu bertujuan agar kualitas dan kebersihan petai terjaga.

Pria yang diketahui sebagai pemilik agen petai di Malaysia itu berharap agar orang-orang dapat membeli petai dengan harga yang lebih murah. Selain menjualnya secara eceran per butir bak sebuah permen, Rob juga menawarkan jasa pengiriman dengan biaya ongkos kirim sebesar Rp 27 ribu.

"Siapa tak punya uang untuk beli petai di musim ini? Saya ada petai ecer, dijual perbiji dibungkus satu satu. Harganya satu biji 30 sen (Rp 1.100). Jika beli dua biji jadi 50 sen (1800) saja," tulisnya melalui Facebook pribadinya.

Aksi Rob Machado yang menjual petai per butir itu jadi viral. Unggahannya itu dibanjiri berbagai komentar dari warganet. Tak hanya petai, kini Rob juga menjual durian, stroberi, dan ubi manis.

"lucu .. penjual ini benar-benar menjual ini," tulis akun @Norlia Mohd Nor.

"permen ini terlihat bagus," timpal akun @ddi Leeyx.

"Hahahahaha bagus kamu punya marketing rob," komentar akun @Juliana Thurs.

"hahaha duit pos lebih mahal dri brg," ujar akun @Gymah Ahmad

"hahaha. Pndai buat bisnes," pungkas @Emma Damia

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR