Brilio.net - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ushuluddin adalah ilmu tentang dasar-dasar agama Islam yang menyangkut iktikad atau keyakinan kepada Allah, rasul, kitab suci, soal-soal gaib (seperti hari kiamat, surga, dan neraka), serta qada dan qadar. Ilmu ushuluddin berfungsi sebagai pondasi bagi umat yang memeluk agama Islam.

Menurut ulama ahli sunnah, ilmu ushuluddin adalah ilmu yang membahas tentang prinsip-prinsip kepercayaan agama dengan dalil-dalil yang qath dan dalil akal pikiran. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai ilmu ushuluddin, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (12/8).

Pengertian ushuluddin.

ushuluddin dan manfaatnya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Madrosah Sunnah

Ushuluddin adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar keyakinan agama Islam dan segala hal yang berhubungan dengan iman seperti sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah serta sifat jaiz bagi para rasul. Ilmu ushuluddin juga biasa disebut sebagai ilmu kalam atau ilmu tauhid karena sama-sama mempelajari tentang pokok-pokok agama. Namun, ilmu ushuluddin memiliki cakupan yang lebih luas dan tidak hanya terbatas pada persoalan akidah atau keyakinan, tetapi juga mencakup persoalan amaliyah. Ushuluddin sering disebut sebagai Ushulussunnah oleh para ulama salaf.

Ushuluddin juga menjadi parameter kashlisunahan setiap individu atau komunitas tertentu. Individu yang berpegang teguh pada ushuluddin maka ia terhitung sebagai ahli sunnah meskipun memiliki beberapa kesalahan ijtihadiyah dalam furu'uddin atau persoalan cabang agama yang boleh diperselisihkan.

Ilmu ushuluddin perlu dijaga, dikokohkan, dipelihara, dan direalisasikan ke dalam wujud nyata agar ia memancar dan menjadi solusi di hati manusia dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada di kehidupan.

 

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR