Brilio.net - Unsur utama dan unsur pendukung dapat membuat tarian terlihat lebih indah dan estetis. Tari merupakan seni gerak yang diselaraskan dengan irama, ruang, dan keindahan.

Unsur utama dalam tari adalah gerak. Unsur utama tersebut juga berperan sebagai media untuk mengkomunikasikan ide dan perasaan, sedangkan unsur pendukung dalam tari berperan untuk menciptakan sebuah seni tari yang menarik dan bermakna.

Unsur utama dalam tari meliputi gerak, irama, rasa, ruang, dan waktu. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia dan berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud dari pembentukan gerak. Untuk memahami lebih rinci mengenai unsur utama dalam tari, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (7/7).

Pengertian tari

unsur utama dalam tari © berbagai sumber

foto: Unsplash/Mathis Jrdl

Tari adalah gerak tubuh yang ritmis sebagai ungkapan ekspresi jiwa pencipta gerak sehingga menghasilkan unsur keindahan dan makna yang mendalam. Karya seni tari lebih menitikberatkan pada konsep dan koreografis yang bersifat kreatif.

Pendapat lain menyebutkan bahwa tari adalah gerak dengan menggunakan tubuh sebagai media untuk mengungkapkan keindahan rasa melalui aspek-aspek dalam tari yaitu bentuk, gerak, tubuh, irama, dan jiwa. Unsur utama dalam tari adalah gerak.

Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetis. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia dan berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud dari pembentukan gerak.

Gerak di dalam tari diberi sentuhan seni misalnya gerak berjalan, lari, bermain, seakan terbang, mencangkul, dan sebagainya. Gerakan tari membutuhkan proses pengolahan atau penggarapan terlebih dahulu.

Gerak yang telah diubah menjadi gerak indah yang bermakna dalam pengolahannya mengandung suatu pengertian atau maksud tertentu. Misalnya, gerak yang melambangkan burung terbang atau mengais tanah.