Brilio.net - Seperti diketahui, aktivitas menyanyi dapat dilakukan sendiri atau biasa disebut solo maupun dilakukan secara berkelompok. Aktivitas menyanyi secara berkelompok terbagi menjadi berbagai macam jenis, salah satunya adalah bernyanyi unisono.

Unisono adalah teknik bernyanyi satu suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu. Bernyanyi unisono juga sering disebut dengan bernyanyi satu suara. Menyanyi dengan teknik ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang dengan jumlah yang banyak.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai bernyanyi unisono, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (13/8).

Pengertian unisono.

bernyanyi unisono dan metodenya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Omar Flores

Secara etimologi, kata unisono berasal dari bahasa Italia yaitu "uni" yang berarti satu dan "sono" yang berarti suara sehingga pengertian unisono adalah bernyanyi satu suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu. Unisono juga dapat diartikan sebagai kegiatan olah suara yang dilakukan oleh banyak orang.

Sebelum melakukan praktik menyanyi unisono, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti intonasi, artikulasi, phrasering, pernapasan, resonansi, dan sikap badan. Praktik menyanyi secara unisono dapat terlihat ketika sebuah paduan suara menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia dengan hanya mengandalkan melodi pokoknya saja. Bernyanyi secara unisono membutuhkan kerjasama dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi sebuah harmoni.

Selain dikenal dalam menyanyi, unisono juga kerap digunakan untuk memainkan alat musik. Istilah unisono dalam permainan alat musik digambarkan ketika terdapat dua atau lebih alat musik dimainkan untuk lagu tertentu dengan nada yang sama.

(brl/jad)

RECOMMENDED BY EDITOR