Brilio.net - Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki budaya adat istiadat khas atau kebiasaan yang biasanya dilakukan secara turun temurun. Seperti halnya saat melakukan acara pernikahan. Biasanya acara pernikahan memiliki ciri khas tersendiri dari daerah tersebut. Salah satunya adalah adat istiadat budaya pernikahan di daerah Madura, Jawa Timur.

Adat istiadat pernikahan dari daerah Madura ini tergolong unik. Jika pada umumnya pengantin yang duduk di pelaminan akan ditaburi berbagai macam bunga. Tapi berbeda dengan pasangan pengantin di Madura. Pasangan pengantin justru ditaburi dengan uang saweran dari para tamu undangan.

Tradisi ini biasa disebut dengan ontaran atau sawer yang dilakukan masyarakat Madura. Tradisi ontaran memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu melempar yang memiliki makna halus. Tradisi ini dilakukan saat seorang laki-laki keturunan Madura akan meminang wanita yang dijadikan calon istri.

Sementara itu, dari pihak keluarga laki-laki memberi atau 'Jaga nyagoni' kepada calon menantu wanita. Hal ini memiliki arti ontalan menjadi tanda awal untuk memberikan rezeki kepada calon mantu. Sementara itu, ontalan memiliki arti lain sebagai gotong royong dalam membantu kehidupan awal calon pasangan pengantin setelah menikah.

Nah, hal ini lah yang juga dilakukan sepasang pengantin asal Madura yang diunggah melalui sebuah video. Video tersebar viral di berbagai media sosial pada beberapa hari lalu.