Para pengunjung kawasan wisata Malioboro, Jogja telah difasilitasi dengan toilet internasional yang terasa kelas hotel bintang 5. Toilet ini berada di depan gedung Bank Indonesia di Jalan Panembahan Senopati, tak jauh dari Titik 0 km Yogyakarta.

Diakui Leader Cleaning Service Riky Yuda Pratama, toilet yang telah diresmikan sejak Januari 2018 lalu ini sudah dikunjungi 1.000 pengunjung setiap harinya. Bahkan bisa mencapai 5.000 orang di akhir pekan. Di dalamnya ini berisi 12 toilet wanita, 6 toilet pria, 10 unit urinoir (tempat kencing berdiri), 1 toilet difabel, 1 ruang laktasi.

Selain itu, terdapat fasilitas lift yang diperuntukkan bagi difabel.

Lebih lanjut, Riky menuturkan bahwa respons dari pengunjung beragam, ada yang baik ada juga yang buruk. Misalnya tentang airnya yang dikeluhkan kotor.

“Di sini bersih sih. Semuanya bersih. Tapi cuman mungkin kekurangannya itu bagian kesadarannya masing-masing orang. Kadang-kadang toiletnya dipakai tapi kurang bersih disiramnya. Jadi masih rada bau-bau sedikit. Tapi buat keseluruhan kebersihannya, bersih banget sudah. Bagus,” kata Ardhana, pengunjung dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Loading...
RECOMMENDED BY EDITOR