Persaingan bisnis kuliner yang kian ketat membuat pelaku bisnis melakukan berbagai perombakan. Dari segi promosi, banyak restoran yang bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membuat promo potongan harga ataupun caschback. Selain itu, berbagai layanan seperti jasa antar (delivery) dan pemesanan drive thru juga dimaksimalkan.

Selain lewat ojek online, banyak restoran cepat saji yang sudah menerapkan layanan pesan antar makanan. Meski sekarang banyak pelanggan yang pesan makanan lewat ojek online, bukan berarti driver delivery restoran bisa ongkang-ongkang kaki. Buktinya masih banyak orang yang memesan diantarkan makanan ke rumah lewat layanan restoran.

Oleh karena itu, terkadang kehabisan driver karena banyak yang keluar mengantar makanan. Hal ini yang terjadi pada sebuah restoran cepat saji di Malaysia. Suatu saat mereka kehabisan stok driver yang tersedia. Namun pada saat yang bersamaan ada pelanggan yang pesan makanan untuk diantar ke rumah.

Dikisahkan oleh akun Facebook Zunar Cartoonist Fan Club, ia yang memesan delivery makanan mengaku sang driver telat mengantarkannya. Pada aplikasi, batas waktu maksimal dalam pengantaran adalah satu jam. Namun si pengantar makanan baru muncul di depan pintu rumah setelah satu jam 20 menit.

Ketika bertemu dengan sang pengantar makanan, driver tersebut langsung meminta maaf kepada Zunar. Lalu kemudian driver ini berkata kalau Zunar tak perlu membayar penuh. Dikarenakan keterlambatan tersebut, pria Malaysia ini hanya harus membayar Rp 27 ribu saja dari tagihan total Rp 71 ribu.

Meski mendapat potongan harga karena keterlambatan pengantaran, tak membuat Zunar menerimanya begitu saja. Sebab, ia merasa kasihan kepada driver jika nantinya harus nombok.


"Saya: 'Nanti kamu kena marah manager kamu.'
Runner boy: "Saya managernya. Kerana tak ada driver, saya datang hantar sendiri. Ini tanggungjawab saya," cerita Zunar seperti brilio.net kutip pada Minggu (7/7).

Usut punya usut, yang mengantarkan makanan tersebut bukanlah driver delivery. Melainkan seorang manager dari restoran itu sendiri. Manager ini merasa bertanggung jawab untuk mengantarkan makanan sebab di restoran sedang tidak ada driver yang stand by.

Akhirnya Zunar mengucapkan terima kasih sekaligus membagikan ceritanya ini lewat akun Facebook miliknya. Usai diunggah pada beberapa waktu lalu, unggahan pria asal Malaysia ini mendapat sorotan warganet. Banyak dari mereka yang menyampaikan kekaguman manager restoran tersebut karena aksinya.

"Dia sungguh bertanggungjawab," ujar akun Adam Adebel.

"What a good manager," kata akun Seong Foo.

"Manager of the year 2019," puji akun Reddy Deen.