Brilio.net - Makanan Indonesia apa sih yang menurut kamu rasanya paling enak? Rendang dan nasi goreng sudah membuktikan ke dunia kalau makanan asli Indonesia bercita rasa tinggi. Selain menu makanan utama, ternyata banyak makanan pendamping yang rasanya enak dan jadi idola masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah perkedel. Ya, makanan yang bahan utamanya terbuat dari kentang ini memang seringkali dijadikan pendamping soto atau juga nasi padang. Bahkan di beberapa tempat makan, ada yang sampai membuat resep spesial agar punya perkedel dengan rasa yang khas. Tentu saja tujuannya agar banyak orang bilang, "di tempat makan ini, perkedelnya enak banget, lho!"

Nah, belakangan ini ada penemuan heboh seorang warganet yang mengklaim mengetahui kepanjangan perkedel. Memang selama ini banyak orang tahunya perkedel hanyalah sebuah nama makanan. Bukan kependekan atau singkatan dari kata tertentu. Warganet tersebut menyebut kalau perkedel ini singkatan dari persatuan kentang dan telur.

terungkap kepanjangan perkedel © berbagai sumber-foto: Twitter/@MoniqueAubrey

Yah, kalau dipikir-pikir memang cocok sih. Masuk akal saja sebab perkedel dibuat dari kentang yang dihaluskan dan juga telur. Tapi apakah benar kalau perkedel adalah kependekan kata dari itu?

Loading...

Usut punya usut, ternyata kata perkedel diserap dari bahasa Belanda, frikadel. Hal ini diungkapkan oleh pemilik akun Twitter @MoniqueAubrey. Frikadel dan perkedel punya kemiripan. Keduanya berbentuk bulat namun yang membedakannya adalah bahan utamanya.

"Cocoklogi? Perkedel diserap dr bahasa Belanda, frikadel. Kalau perkedel pake campuran kentang, frikadel terbuat dr daging. Frikadel asalnya dr Eropa, ada yg blg dr Jerman/dr Denmark," ungkap akun @MoniqueAubrey seperti brilio.net kutip pada Rabu (8/5).

terungkap kepanjangan perkedel © berbagai sumber-foto: lovehatbite.com

Jika perkedel Indonesia memakai bahan utama kentang, namun frikadel yang berasal dari Eropa disebut terbuat dari daging. Makanan ini juga ternyata populer di Jerman dan Denmark, lho. Sementara itu, frikadel di Belanda punya bentuk yang berbeda. Di sana, frikadel bentuknya memanjang seperti sosis.

Nah, jadi bisa dipastikan kalau perkedel yang merupakan kependekan dari persatuan kentang dan telur hanya cocoklogi saja. Tapi boleh juga tuh sebutannya, biar terdengar Indonesia banget.

RECOMMENDED BY EDITOR