Brilio.net - Vinyl atau piringan hitam merupakan barang lawas yang kini kembali jadi buruan pecinta musik. Dulu, lagu yang diproduksi ke piringan hitam mempunyai suara yang jernih. Namun seiring perkembangan zaman yang serba digital, piringan hitam bukan lagi sesuatu yang dicari oleh banyak orang. Meski demikian, kolektor atau juga pecinta musik tetap memburu piringan hitam produksi lawas maupun baru untuk dijadikan sebagai koleksi.

Pengguna akun Twitter @howtodressvvell belum lama ini menceritakan pengalamannya menemukan 'harta karun'. Secara tak sengaja, tukang bangunan yang mengerjakan proyek renovasi rumahnya itu menemukan sebuah kaleng bekas biskuit yang berisi satu keping piringan hitam.

Kaleng tersebut ditemukan terkubur di bawah tanah. Piringan hitam itu tersimpan rapi di dalam kaleng biskuit produksi lawas. Sekilas pandangan, kaleng itu merupakan produksi dari Jacobsens Bakery. dari foto yang diunggah, terlihat kaleng tersebut kondisinya kotor dan beberapa bagian cukup berkarat.

"Baru aja ngalamin hal unik. kuli bangunan nemuin vinyl di rumah w yg lg direnov," ujar akun @howtodressvvell, seperti dilansir brilio.net dari unggahannya pada Kamis (10/10).

temukan piringan hitam terkubur ini isinya © Twitter/@howtodressvvell

Loading...

foto: Twitter/@howtodressvvell

Ketika kaleng dibuka, terlihat sekeping piringan hitam yang kondisinya masih bagus. Namun piringan hitam itu terlihat polosan alias tidak ada keterangan apapun terkait isi suaranya.

Sang penemu tentu saja penasaran dan mencoba memutar dan meng-convert isi piringan hitam itu menjadi bentuk digital. Ternyata, benda itu masih berfungsi baik. Buktinya piringan hitam itu masih mengeluarkan bunyi yang ternyata isinya adalah sebuah lagu zaman dulu.

Meski telah diunggah ke dan jadi perbincangan warganet, namun belum ada orang yang bisa menebak atau membuktikan lagu siapa yang tersimpan di piringan hitam tersebut. Banyak yang menebak siapa penyanyi, judul lagu dan juga tahun direkamnya. Tapi semuanya tidak bisa membuktikannya secara konkret.

Usai diunggah beberapa waktu lalu, postingan akun @howtodressvvell ini pun curi perhatian warganet. Hingga kini, cuitan itu telah di-retweet sebanyak lebih dari 8.000 kali. Sementara itu 300 ribu lebih orang yang telah mendengarkan isi dari piringan hitam itu.

Hingga kini, lagu siapa yang tersimpan di sana pun masih menjadi misteri. Bisa saja itu lagu lawas yang belum sempat dirilis. Kalau menurut kamu, kira-kira itu lagunya siapa ya?

"Genre musiknya klo ga salah city pop, viral tahun 70-80an tp direkam pake vinyl yg mulai diganti kaset pita awal 70an," ujar akun @nunisjamsuddin.

"Mba, itu kalo gak salah, kaleng biskuit Jacobsens Regency Avenue Butte yg versi lawas ya?" ungkap akun @Hendralle.

"Musik-musik tahun 70an keknya, suaranya seperti franky n jane. Potongan liriknya gw cari di google juga nihil," kata akun @ThalieRaphia.

RECOMMENDED BY EDITOR