Brilio.net - Saat berada di bangku sekolah, tentunya sudah nggak asing lagi dengan teks eksposisi. Teks eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan tertentu.

Teks eksposisi memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu bentuk informasi yang detail, objektif, dan terperinci. Dalam teks eksposisi berisi kalimat argumentasi yang berupa fakta, pernyataan logis sesuai data, dan pendapat ahli.

Teks eksposisi didapatkan dari hasil observasi, penelitian, dan pengalaman. Biasanya, teks eksposisi akan membahas mengenai isu pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut arti, struktur, dan cirinya dari teks eksposisi, Selasa (8/3).

1. Pengertian teks eksposisi.

teks eksposisi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Alwasilah Chaedar dan Alwasilah Senny Suzanna dalam bukunya yang berjudul Pokoknya Menulis, teks eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan.

Menurut Rahman Taufiqur dalam bukunya yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, teks eksposisi adalah teks yang menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca.

2. Struktur teks eksposisi.

teks eksposisi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

- Tesis (pendapat).

Tesis adalah suatu bagian yang berisi tentang sudut pandang atau pendapat dari penulis terhadap setiap permasalahan yang akan diangkat. Pernyataan pendapat merupakan kalimat yang berisi gagasan, ide, opini, dan argumentasi.

- Argumentasi.

Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan yang digunakan dalam memperkuat pendapat dalam sebuah tesis. Meskipun pada umumnya argumentasi juga bisa digunakan untuk menolak suatu pernyataan. Argumentasi bisa berupa pernyataan dari penulis, hasil temuan, atau dari para ahli.

- Penegasan ulang (kesimpulan).

Penegasan ulang (kesimpulan) adalah bagian yang terakhir dari struktur teks eksposisi. Dalam bagian ini mengandung kesimpulan yang menegaskan kembali tesis yang telah ditemukan di awal teks.

3. Jenis teks eksposisi.

teks eksposisi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Setelah mengetahui pengertian dan struktur teks eksposisis, ternyata teks eksposisi memiliki jenis dan makna yang berbeda-beda. Menurut Rahman Taufiqur dalam bukunya yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, berikut ini jenis teks eksposisi.

a. Teks eksposisi definisi, adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan suatu hal.

b. Teks eksposisi proses, adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki maksud terkait dengan proses pembuatan, proses penggunaan atau tata cara untuk melakukan sesuatu.

c. Teks eksposisi klasifikasi, merupakan paragraf eksposisi yang memiliki isi tentang pengelompokkan terhadap sesuatu.

d. Teks eksposisi pertentangan, merupakan paragraf eksposisi yang berisi tentang sesuatu hal yang bertentangan dengan sesuatu hal lainnya.

e. Teks eksposisi ilustrasi, adalah paragraf eksposisi yang memberikan gambaran secara sederhana tentang sesuatu hal yang memiliki kemiripan atau kesamaan sifat.

f. Teks eksposisi analisis, adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi membagi permasalahan pada setiap gagasan pokok menjadi sebuah bagian-bagian tertentu, kemudian tiap-tiap bagian itu akan dikembangkan secara sistematis.

g. Teks eksposisi perbandingan, adalah eksposisi yang berisi mengenai penjelasan ide pada sebuah kalimat utama dan dibandingkan dengan hal lainnya.

h. Teks eksposisi berita, adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai berita peristiwa yang tertentu.

4. Ciri-ciri teks eksposisi.

teks eksposisi adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Untuk lebih memahami teks eksposisi, berikut ini ciri-ciri teks eksposisi yang perlu diketahui.

a. Teks eksposisi menjelaskan segala informasi atau pengetahuan.

b. Menggunakan gaya bahasa yang persuasif atau mengajak.

c. Penyampaian teks secara lugas atau sederhana dan menggunakan bahasa yang baku.

d. Teks eksposisi menyajikan sebuah fakta dan data yang akurat, digunakan untuk memperjelas suatu peristiwa.