Brilio.net - Sadar atau tidak, semua kegiatan kita sehari-hari mempunyai dampak terhadap bumi, entah baik atau buruk. Ingat ya, bumi adalah satu-satunya tempat tinggal kita. Jika Bumi rusak, maka secara tidak langsung manusia yang tinggal di atasnya akan merasakan akibatnya.

Menjaga dan mencintai bumi adalah tanggung jawab semua manusia. Kamu bisa memulainya dari lingkungan sekitar dan hal-hal paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak perlu yang muluk-muluk. Aksi kecil sudah bisa menjadi bukti kalau kita berusaha merawat bumi.

Berikut ulasan brilio.net dari berbagai sumber, deretan kebiasaan yang tanpa disadari bisa menjaga bumi, Selasa (15/6).

1. Biasa membawa tas belanja sendiri.

Garnier_rev istimewa

foto: Shutterstock.com

Sekarang sudah banyak yang beralih menggunakan kantong belanja dari rumah. Terlebih, kini banyak supermarket yang tidak lagi menggratiskan kantong plastik. Sebelumnya, berbelanja dengan kantong plastik sekali pakai jadi kebiasaan yang sangat umum ditemui. Menggunakan produk kemasan atau kantong plastik memang praktis tetapi dampaknya membuat sampah bertumpuk tak terkendali.

Siapa sangka, kebiasaan baik ini bisa menyelamatkan bumi loh. Berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, dan kebutuhan lainnya cukup memakai kantong belanja atau keranjang. Dengan tidak berbelanja menggunakan kantong plastik, kamu bisa menghemat uang dan tentunya mengurangi sampah. 

2. Membawa botol minuman ke kantor atau sekolah.

Garnier_rev istimewa

foto: Shutterstock.com

Kebiasaan membawa botol atau tempat minum untuk kerja atau sekolah kini semakin populer. Bahkan sekarang banyak coffe shop yang menawarkan harga khusus jika membawa botol sendiri. Pengunaan botol plastik dan cup kopi sekali pakai kini mulai ditinggalkan oleh milenial terutama yang tinggal di perkotaan.

Kebiasaan ini penting untuk mengurangi sampah. Bayangkan saja, jika terus-menerus menggunakan air minum dalam kemasan plastik, sampahnya tentu akan menumpuk. Apalagi botol plastik adalah salah satu jenis sampah yang sulit terurai.  

3. Pilah dan olah sampah.

Garnier_rev istimewa

foto: Shutterstock.com

Kebiasaan memilah sampah kini semakin populer. Bagaimana tidak, selain menjaga lingkungan ternyata bisa juga menghasilkan uang loh. Dengan segala keuntungan yang ada, memilah sampah membuat proses daur ulang sampah semakin mudah.

Demi lebih lagi menjaga bumi, pastikan sampahmu dibuang di bank sampah terdekat. Untuk kamu yang berada di area Jadetabek bisa menggunakan aplikasi e-recycle, sampahmu bisa dijemput langsung dari rumah. Dapet untung, kamu bisa menjaga bumi sekaligus mendapatkan reward.

Garnier mengajak kamu untuk semakin peduli dan berani melangkah menghijaukan kembali bumi kita. Yuk bersama-sama berkomitmen untuk hijaukan bumi kita! Tunjukkan aksi #OneGreenStep kamu dan kumpulkan sampah melalui aplikasi E-recycle di sini.


4. Memakai produk ramah lingkungan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GarnierID (@garnierindonesia)

 

Anak muda seperti kamu sekarang sangat peduli dengan lingkungan. Merespons ini, banyak brand menawarkan produk ramah lingkungan. Gerakan besar ini terjadi karena kamu mulai mengerti dampak sampah yang semakin besar setiap harinya. Berbagai produk ramah lingkungan kini semakin meluas dan mudah kamu beli di mana saja. 

Garnier merupakan salah satu brand yang berkomitmen memproduksi produk yang lebih ramah lingkungan. Produk terbarunya, Sakura Glow Waterglow Essence menggunakan kemasan botol yang 100% terbuat dari plastik daur ulang.

Produk Garnier juga diproduksi di pabrik yang ramah lingkungan. Targetnya pada Q1 2022 Garnier akan carbon neutral dan tentunya semua produk Garnier tidak melakukan animal testing dan sudah tersertifikasi cruelty free.

5. Menjaga kebersihan lingkungan.

Garnier_rev istimewa

foto: Shutterstock.com

Rutinitas pagi ternyata juga punya dampak positif terhadap bumi. Kebiasaan pagi hari yang baik ini mulai dari merapikan kamar tidur, membersihkan rumah, dan tentunya membersihkan area tempat tinggal. Hasilnya? Rumah dan lingkunganmu akan bebas dari polusi udara, polusi air, dan tentunya punya suasana yang segar.

Dimulai dari rumah dan lingkungan sekitar, kamu bisa juga menerapkan kebiasaan baik ini saat berlibur atau jalan-jalan. Misalnya dengan memungut sampah yang ditemui saat berlibur di pantai, hiking di gunung, dan di mana saja. Ikuti juga kegiatan volunteer di event clean up yang sering diadakan di lokasi wisata.

RECOMMENDED BY EDITOR