Brilio.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan rencana pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan. Melalui konferensi pers yang disiarkan oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/8), Presiden Jokowi mengumumkan lokasi Ibu Kota baru yakni di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebelumnya, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah merampungkan kajian menyeluruh terkait pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Desain Ibu Kota baru pun sudah menghiasi lini masa media sosial.

Rencana pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia ini memang mengundang pro dan kontra di berbagai kalangan masyarakat. Namun demikian, Indonesia sendiri bukan negara pertama yang melakukan rencana pemindahan ibu kota. Sebelumnya ada beberapa negara di dunia yang juga pernah memindahkan ibu kotanya.

Pemindahan ibu kota ini dilakukan karena berbagai faktor dan latar belakang tertentu. Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (27/8), berikut negara-negara di dunia yang pernah memindahkan ibu kotanya.

1. Australia.

Loading...

negara pindahkan ibukota © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@sydney

Australia memiliki dua kota besar, yakni Melbourne dan Sydney. Keduanya saling bersaing untuk menjadi ibu kota Australia. Hal inipun sempat membuat bingung untuk menentukan ibu kota Negeri Kanguru tersebut. Namun demikian, pada tahun 1913, akhirnya pemerintah menetapkan Canberra sebagai ibu kota Australia untuk membuat suasana menjadi kondusif.

Meski menjadi ibu kota, popularitas Canberra memang masih kalah dengan Melbourne maupun Sydney. Tingkah pertumbuhan ekonominya pun masih di bawah kedua kota besar tersebut.

2. Brasil.

negara pindahkan ibukota © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@whereinrio

Brasil memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1960. Sama seperti Canberra, Brasilia juga sengaja di desain untuk menjadi ibu kota baru Brasil. Pemindahan ibu kota ini ditengarai faktor kepadatan penduduk Rio de Janeiro dan tingkat kemacetan lalu lintas yang cukup tinggi. Kota Brasilia sendiri dibangun dengan desain yang modern. Kini sebanyak 2,6 juta penduduk menghuni kota tersebut.

3. India.

negara pindahkan ibukota © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@tajmahalofficial

Masyarakat dunia mengenal New Delhi sebagai ibu kota dari India. Namun demikian, ternyata sebelum New Delhi, India beribukota di Kolkata. Pemindahan ibu kota India ke New Delhi terjadi tahun 1931. Pemindahan ini dilakukan karena faktor politik dan ekonomi. New Delhi sendiri pembangunannya dirancang oleh arsitek Inggris dan memakan waktu 20 tahun.

4. Myanmar.

negara pindahkan ibukota © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@thecityvibe

Myanmar memindahkan ibu kotanya dari Yangon ke Naypyidaw yang luasnya empat setengah kali lebih besar daripada London. Pemindahan ibukota ini terjadi pada tahun 2005. Kendati demikian, tak diketahui secara pasti alasan di balik pemindahan ibukota Myanmar tersebut. Meski memiliki wilayah yang cukup luas, namun Naypyidaw memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit.

5. Nigeria.

negara pindahkan ibukota © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@abuja

Sebelumnya, Ibu kota Nigeria berada di kota Lagos. Namun, sejak 1991 ibu kota negara di Afrika tersebut pindah ke Abuja. Pemindahan ini dilakukan karena Lagos yang terlalu padat penduduknya dan tidak kondusif. Abuja akhirnya dibangun sebagai ibu kota baru Nigeria, meskipun beberapa fungsi pemerintahan masih dijalankan di Lagos.

RECOMMENDED BY EDITOR