Brilio.net - Taawun berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti sikap saling menolong. Dalam artian lain, taawun adalah sikap kebersamaan, sikap saling memiliki, dan sikap saling membutuhkan antara sesama manusia.

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang seringkali membutuhkan bantuan orang lain. Maka dari itu, dalam agama Islam juga mengajarkan umatnya untuk senantiasa saling menolong dalam hal kebaikan.

Hal ini memberikan pemahaman bagi setiap manusia, bahwa sikap saling tolong menolong perlu ditanamkan. Sebab, dengan sikap taawun tidak akan ada suatu beban yang dirasakan berat, apalagi jika perbuatannya tersebut dilakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Hikmah dari memiliki sikap tolong menolong dapat mempererat tali persaudaraan, menciptakan hidup yang tentram tanpa musuh dan harmonis, serta menumbuhkan rasa gotong royong antar sesama. Lebih lanjut, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut penjelasan sikap taawun serta dalilnya dalam Islam, Kamis (21/4).

 

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR