Brilio.net - Formulir lamaran kerja pendiri Apple, Steve Jobs, akhirnya terjual USD 174.757 atau sekitar Rp 2,4 miliar hampir sepekan setelah perusahaan lelang RR Auction menggelar lelang lamaran kerja itu secara daring.

Formulir lamaran untuk posisi pekerjaan yang tidak diketahui itu diisi Steve Jobs tahun 1973, sekitar tiga tahun sebelum Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple Computer. Selang empat tahun setelah itu, Jobs menjadi jutawan ketika perusahaannya go public.

Namun pada tahun 1973, ketika Jobs mengisi formulir pekerjaan itu, dia tidak punya mobil atau bahkan ponsel. Dia menulis bahwa akses transportasi, 'mungkin, tetapi tidak memungkinkan'.

Laman informasi teknologi Phone Arena dikutip brilio.net, Minggu (18/3), mewartakan bahwa terakhir mengecek tawaran tinggi untuk dokumen itu USD 50.000 dolar AS atau sekitar Rp 688 juta, dan sekarang lelang sudah selesai. Formulir bertandatangan pemuda 18 tahun yang kemudian menjadi eksekutif kaya itu terjual USD 174.757 sekitar Rp 2,4 miliar.

Lelang dimenangkan oleh seorang pengusaha yang tinggal di London. Dengan uang sebanyak itu, alih-alih membeli selembar formulir lamaran kerja Jobs, pembelinya bisa menggunakannya untuk membeli 981 saham Apple atau 166 unit iPhone X versi 256GB.

Namun dokumen tersebut memang merupakan salah satu barang berharga yang bernilai milik Steve Jobs. Untuk melihat seberapa berharganya memorabilia Steve Jobs tersebut, belum lama ini RR Auction melelang surat yang ditandatangani oleh istri Presiden pertama AS, Martha Washington dan distempel oleh suaminya, juga surat resmi tulisan Benjamin Franklin, serta John Hancock's John Hancock. Semuanya diperkirakan terjual di bawah angka USD 174.757 dolar AS, untuk harga formulir lamaran kerja Jobs yang bahkan tidak ditandatanganinya.