Brilio.net - Supplier adalah suatu badan atau perusahaan penyedia sumber daya yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi sebuah barang atau jasa tertentu. Supplier berperan penting dalam ketersediaan bahan baku demi kelangsungan aktivitas produksi bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu bekerja sama dengan supplier. Dalam bidang pengadaan, pemilihan supplier berperan penting karena berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan kepuasan pelanggan.

Pemilihan supplier juga menjadi kegiatan penting di sebuah perusahaan, karena pembelian bahan baku dan komponen mewakili 40 sampai 80 persen dari total biaya produk dan berdampak kepada kinerja perusahaan. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai supplier beserta tujuan dan jenis-jenisnya, berikut brilio.net telah himpun dari berbagai sumber, Kamis (7/7).

Pengertian supplier

penjabaran mengenai supplier © berbagai sumber foto: Unsplash/Andy Li

Supplier adalah suatu perusahaan atau individu penyedia sumber daya yang dibutuhkan perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Supplier juga memiliki peran penting bagi perusahaan karena berpengaruh terhadap pelaksanaan pemasaran dalam suatu perusahaan.

Perusahaan berwenang untuk meninjau, mengevaluasi, dan memilih suppliernya untuk menjadi bagian dari rantai supply perusahaan. Supplier menjadi salah satu rantai yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Supplier juga secara intensif sangat mendukung proses operasi perusahaan dalam bentuk bahan baku yang belum jadi.