Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sketsa adalah lukisan cepat, gambar rancangan, rengrengan, atau denah. Sketsa dapat dimaknai sebagai gambar sederhana atau draf kasar yang dibuat secara global untuk melukiskan bagian-bagian pokok yang ingin diungkapkan oleh pembuatnya. Sketsa biasanya dibentuk dengan menggunakan unsur garis dan terkadang ditemukan sketsa dengan unsur blok dan warna.

Teknik dasar dalam membuat sketsa adalah dengan menarik garis pontan menggunakan tangan bebas. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai sketsa, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Senin (18/7).

Pengertian sketsa

definisi sketsa dan jenis-jenisnya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Andrés Gómez

Secara etimologi, sketsa berasal dari kata etch yang berarti goresan yang selalu terkenang-kenang. Secara istilah, sketsa tidak hanya digunakan pada bidang seni rupa, tetapi juga pada bidang bahasa dan seni musik. Sketsa dalam bidang seni rupa adalah rancangan awal sebuah lukisa yang dibuat secara cepat, mengabaikan detail, dan berisi garis besarnya saja. Sketsa dalam bidang bahasa berarti deksripsi sebuah karya tulis. Sedangkan, sketsa dalam bidang seni musik berarti komposisi singkat yang sering digunakan pada alat musik piano. Sketsa dibuat pada permukaan kertas atau kanvas atau benda lainnya dengan unsur garis sebagai elemen piktorialnya.

Sketsa memiliki karakteristik berupa garis yang dibuat secara spontan, mengalir lancar, efektif, efisien, dan mendeskripsikan obejk secara garis besar. Sketsa dapat dibuat dengan menggunakan pensil, pena, ataupun kuas. Selain itu, sketsa juga dapat dibuat dengan menggunakan media tinta dan cat.

Sketsa dibuat tidak hanya sebagai rancangan lukisan, tetapi juga sebagai latihan agar pelukis memiliki keterampilan dalam menciptakan unsur-unsur piktorial. Sketsa yang berkualitas dapat dinikmati sebagai karya seni yang berdiri sendiri. Sketsa mengandung nilai estetika yang tidak kalah dengan karya lukisan dan para pecinta seni kadang mmebingkai sketsa dan memajangnya di dinding rumahnya.

 

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR