Brilio.net - Kamu tahu orang Baduy? Ya, Baduy merupakan salah satu suku di Indonesia yang masih termasuk dalam sub-etnis Sunda di wilayah Banten. Orang Baduy atau disebut juga orang Kenekes merupakan salah satu suku yang mengisolasi diri mereka dari dunia luar. Bahkan mereka juga memiliki keyakinan tabu untuk difoto, khususnya bagi penduduk wilayah Baduy Dalam.

Orang Baduy sendiri memang dikenal sangat menjunjung adat dan istiadat leluhur. Tak heran kalau mereka masih terlihat sangat ketinggalan di banding kita. Bahkan mereka tak mengenakan alas kaki dan dilarang menggunakan alat transportasi apa pun.

Namun kali ini seorang pengguna akun Twitter bernama Meuthia Larasati, mengunggah foto orang Baduy dan menjadi viral di media sosial pada Jumat (1/12) lalu .

Berikut fotonya yang brilio.net kutip dari akun Twitter @meulars, Minggu (3/12).

"Di Imperial Kitchen D'Mall, ada satu keluarga yang ngajak orang-orang Baduy makan. Mereka bingung cara pake sumpit, terus diajarin. My heart melts..."

Dalam unggahannya tersebut, terlihat satu keluarga mengajak orang-orang Baduy makan di sebuah restoran di mal. Mereka bahkan mengajari cara memakai sumpit. Tak butuh waktu lama, unggahan ini pun langsung ramai komentar.

Berikut beberapa komentar:

"Kalo dilihat dari iketnya mereka bener suku Baduy Dalam, yang ada di 2 desa di pelosok Baduy: Cibeo, Cikertawana (satu desa yg lebih dalam, Cikeusik, pk iket putih+baju putih). Desa2 ini darah Baduynya masih "murni" dan terhitung bangsawan di sana, juga adatnya masih kuat," kata akun @wickedbunnies.

"Ini waktu itu aku liat mereka jg makan di daerah bintaro sektor 9! How sweet!" kata akun @stareandglare.

"semoga jualan madu mereka lancar.." kata akun @vivi3284.

"Pernah sekali ngeliat mereka nyebrang di TL Ragunan mengarah ke selatan,salut karena ga make alas kaki jalan sejauh itu," kata akun @IhsanEizki_48.

"Peaceful," kata akun @friqidz.

"Pernah baca, pak Imam Prasodjo juga pernah ajak orang badui makan, ke mall, baca sambil mbrebes mili," kata akun @Marshpanda.

"thanks for sharing," kata akun @slowskeleton.

RECOMMENDED BY EDITOR