Brilio.net - Rasul memiliki sifat wajib yang dapat menjadi teladan bagi umat manusia khususnya yang beragama Islam dan mengimaninya. Rasul telah diberi mukjizat oleh Allah SWT agar bisa menjadi contoh umat di dunia dan akhirat. Empat sifat wajib bagi para rasul adalah siddiq, amanah, tabligh, dan fatanah. Rasul adalah orang-orang terpilih yang memiliki sifat mulia atau keturunan umat mulia dan diutus oleh Allah SWT untuk menerima wahyu.

Sifat wajib yang dimiliki oleh para rasul juga dapat menjadi contoh teladan bagi umat Islam saat ini. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai sifat wajib bagi rasul, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (14/7).

Pengertian sifat wajib bagi rasul.

sifat wajib bagi rasul © berbagai sumber

foto: Unsplash/Madrosah Sunnah

Sifat wajib bagi rasul adalah sifat-sifat istimewa yang diberikan oleh Allah kepada para rasul karena mengemban tugas yang berat yaitu menyampaikan ajaran tauhid kepada seluruh umat manusia. Allah mengangkat orang-orang terpilih untuk menjadi rasul dan harus diyakini bahwa para rasul adalah orang-orang yang jujur, dibenarkan, berbakti, mulia, serta mendapatkan petunjuk. Mengingkari satu rasul berarti mengingkari rasul secara keseluruhan, bahkan mengingkari iman secara keseluruhan. Rasul juga memiliki kedudukan sebagai pendidik ideal dapat dilihat dalam dua hal yaitu pendidik pertama dalam pendidikan Islam dan sebagai pelaksana pendidikan Islam dalam masyarakat.