Brilio.net - Secara umum, seni kriya dipahami sebagai suatu karya yang dikerjakan dengan menggunakan alat sederhana dan mengandalkan kegunaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karya kriya sangat kental merefleksikan lingkungan budaya dan geografis tempat karya tersebut diciptakan.

kriya juga merupakan jenis kesenian yang telah hidup lama pada kelompok masyarakat tradisional, dan di kalangan berbagai suku bangsa yang lazim digunakan secara fungsional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pendukungnya. Dalam perkembangannya karya seni kriya menunjukkan adaptasinya pada perubahan-perubahan yang terjadi.

Karya seni kriya berkaitan dengan kebudayaan dan menjadi salah satu bentuk ekspresi manusia yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan primer, sekunder, dan budaya. Dalam karya seni kriya tercermin kegunaan bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia, integritas sosial, serta interaksi sosial yang melibatkan orang lain dalam pembuatan dan penikmatannya.

Untuk memahami lebih rinci mengenai seni kriya yang merupakan cabang seni rupa, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (5/7).