Brilio.net - Self healing merupakan proses untuk penyembuhan luka batin. Self healing berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti penyembuhan diri sendiri.

Setiap orang pasti pernah merasakan terluka atau kelelahan, baik mental maupun fisik. Artinya, ada beberapa faktor yang membuat setiap orang merasakan luka batin. Di antaranya karena sedih, stres dan jenuh akibat dari kelelahan secara emosional yang menimbulkan luka batin.

Hal ini tentunya menjadi sebuah dampak dalam kehidupan sehari-hari. Setelah orang tersebut merasakan luka batin yang mendalam, diperlukan self healing untuk mengobati luka yang pernah ada.

Nah, ketika kamu sedang berada pada fase kelelahan secara emosional, ada baiknya untuk menyembuhkan luka tersebut. Lantas bagaimana caranya? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut arti, manfaat dan cara self healing, Jumat (25/2).

1. Pengertian self healing.

Self healing adalah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Self healing adalah istilah yang diartikan sebagai proses pemulihan dari kesehatan emosional yang buruk. Proses penyembuhan luka akibat kelelahan emosional ini perlu waktu yang nggak sebentar. Maka dari itu, bagi seseorang yang sedang atau pernah mengalami luka batin atau kelelahan emosional perlu menyembuhkan lukanya.

2. Cara self healing.

Self healing adalah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa proses penyembuhan luka akibat kelelahan emosional ini membutuhkan waktu yang lama. Namun, kamu perlu mengatasi dengan berbagai macam cara supaya dapat memperbaiki emosional dan batin kamu. Berikut cara melakukan self healing yang bisa kamu coba.

a. Me time.

Salah satu cara untuk melakukan self healing adalah dengan me time. Me time sendiri diartikan sebagai menghabiskan waktu luang untuk diri sendiri.

Dengan me time, kamu bisa melakukan yang sesuai dengan hobi, kesukaan atau bahkan liburan ke suatu tempat yang kamu inginkan. Me time akan membuat kamu menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga dalam mengobati mental yang sempat terluka.

b. Mindfulness.

Cara self healing yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah mindfulness. Dengan kamu menutup mata kemudian menghirup udara segar, akan berguna bagi diri dan pikiran kamu. Cara self healing ini dapat membantu mengolah pikiran, perasaan dan lingkungan yang ada dalam pikiranmu.

c. Memaafkan diri sendiri.

Terkadang nggak semua orang dapat memaafkan dirinya sendiri atas kesalahan yang telah dibuat. Maka dari itu, cara self healing selanjutnya kamu dapat memaafkan diri kamu sendiri. Meskipun nggak mudah namun mencoba untuk menerima kenyataan akan membuat kamu merasa tenang dan menjadi cara yang terbaik.

d. Mencoba kegiatan yang positif.

Cara self healing berikutnya, kamu bisa melakukan kegiatan yang positif. Kegiatan ini bisa diisi dengan melakukan hobi. Namun jika kamu nggak memiliki hobi, kamu bisa menggantikan dengan cara berolahraga, berkebun, membaca buku, menonton film atau bahkan mendengarkan musik.

e. Meditasi.

Meditasi menjadi salah satu cara untuk self healing. Sebagai contoh, kamu bisa mematikan lampu kamar, ambil posisi yang nyaman, letakkan kaki di tanah, kemudian ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Meditasi perlu dilakukan di tempat yang tenang dan sepi.

f. Tingkatkan self-compassion.

Maksud dari self compassion adalah kemampuan dalam memahami keadaan emosi diri sendiri serta respon emosi yang telah dialami dan keinginan untuk menolong diri sendiri. Dengan cara self healing seperti ini kamu akan lebih memahami diri kamu sendiri dan membuat lebih mencintai diri sendiri.

3. Manfaat self healing.

Self healing adalah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Self healing menjadi salah satu metode yang baik dilakukan bagi seseorang yang ingin menyembuhkan luka. Nggak hanya itu juga, pemulihan diri ini akan lebih baik bagi tubuh dan kesehatan. Nah, setelah mengetahui cara mengatasi self healing, kamu juga perlu tahu manfaat dari self healing seperti berikut ini.

a. Mengobati trauma di masa lalu.
b. Efektif untuk menghilangkan kecemasan dan stres.
c. Dapat meningkatkan produktivitas kerja yang mumpuni.
d. Cara yang baik untuk memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
e. Sebagai cara untuk menerima kesalahan dengan baik.