Brilio.net - Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 menyebabkan beberapa negara harus mengikuti anjuran pemerintah menerapkan sistem lockdown. Sekitar 10 negara melakukan sistem tersebut, di mana aturan ini diterapkan agar masyarakat tidak keluar rumah, masyarakat diminta untuk menggantikan sementara aktivitasnya di luar ruangan.

Meski Indonesia belum menerapkan lockdown, namun tetap saja pemerintah menganjurkan penduduknya untuk tidak melakukan interaksi terlalu sering dengan orang sekitar. Bahkan penduduknya dianjurkan untuk bekerja dan belajar di rumah selama beberapa waktu ke depan. Hal ini diharapkan mampu menekan penyebaran Corona.

Aturan ini membuat beberapa orang bosan karena harus melakukan banyak hal di luar rumah. Hal serupa tentu saja juga dirasakan oleh anak. Di mana mereka tak bisa bertemu teman-temannya di sekolah dan tak diizinkan untuk main di luar rumah. Sebagai orangtua harus mencari cara bagaimana anak tidak merasa bosan ketika harus belajar di rumah.

Nah, bagi kamu yang memiliki anak dan tak ingin membuat si anak bosan karena tak bisa beraktivitas di luar rumah, berikut beberapa ide yang bisa kamu terapkan selama anak belajar di rumah. Seperti apa?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (19/3), berikut 5 ide kegiatan belajar anak di rumah ketika sekolah harus diliburkan akibat adanya Corona.

Loading...

1. Bermain bersama.

Ide kagiatan bersama anak selama belajar di rumah agar tidak bosan Istimewa

foto: news.yale.edu

Selama proses belajar di rumah, anak tidak harus dituntut untuk terus belajar. Hal ini justru akan membuat mereka merasa bosan dan akhirnya apa yang dipelajari tidak akan diserap oleh otak.

Cara yang perlu diperhatikan orangtua adalah dengan mengajak anak bermain bersama. Karena pada dasarnya anak sangat senang bermain. Kamu bisa mengajak anak dengan bermain hal-hal kecil sekaligus belajar. Misalnya saja bermain monopoli, ular tangga, bermain petak umpet.

Kegiatan-kegiatan sederhana itu akan sangat menghibur selama proses belajar di rumah. Anak menjadi tidak bosan dan yang paling penting, kamu menjadi lebih dekat dengan anak jika selama ini kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan.

2. Memasak bersama.

Ide kagiatan bersama anak selama belajar di rumah agar tidak bosan Istimewa

foto: superiorculinarycenter.com

Selama berada di rumah memang sangat membosankan. Tak hanya anak, namun kamu juga pasti merasakan hal serupa. Kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama anak agar tidak bosan adalah dengan memasak bersama.

Tidak perlu terlalu mewah, mungkin kamu bisa membuat kue sederhana untuk camilan bersama. Hal ini juga mengajarkan anak bagaimana proses belajar dengan mengukur seberapa banyak tepung yang dibutuhkan, air, dan beberapa bahan dasar pembuatan kue lainnya.

Si anak memang tidak akan banyak membantu dalam hal ini, namun menjadi semakin menyenangkan karena selama proses memasak akan tercipta obrolan yang menyenangkan bersama anak.

3. Merapikan rumah bersama.

Ide kagiatan bersama anak selama belajar di rumah agar tidak bosan Istimewa

foto: oasisnaturalcleaning.com

Maraknya Virus Corona seperti sekarang ini membuat banyak orang waspada. Salah satu yang dilakukan di rumah untuk pencegahan Virus Corona adalah dengan membersihkan rumah. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama anak. Kamu juga bisa mengajarkan kepada anak bagaimana cara membersihkan rumah dan merapikan barang-barang.

Mereka juga bisa belajar untuk menata barang-barang pribadinya, seperti mainan dan peralatan sekolah. Selama proses ini pasti akan sangat menyenangkan karena anak akan aktif bergerak ke sana kemari dan akan sangat membantumu. Sebab mereka akan menjadi semangat untuk membersihkan beberapa hal.

4. Olahraga bersama.

Ide kagiatan bersama anak selama belajar di rumah agar tidak bosan Istimewa

foto: arizonafoothillsmagazine.com

Kurangnya aktivitas di luar ruangan jangan sampai membuat si anak menjadi pemalas. Ajak mereka untuk lebih aktif dan belajar untuk hidup sehat. Kamu bisa mengajak anak untuk olahraga bersama, misalnya yoga, lompat tali dan beberapa jenis olahraga lainnya.

Biasanya, aksi olahraga bersama anak menjadi hal yang cukup menyenangkan, karena di sela-sela olahraga akan tercipta hal-hal yang menyenangkan sehingga membuat si anak tidak bosan.

5. Manfaatkan aplikasi belajar gratis.

Ide kagiatan bersama anak selama belajar di rumah agar tidak bosan Istimewa

foto: digicots.com

Selama belajar di rumah anak juga harus mendapatkan materi pembelajaran yang tepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar gratis. Biasanya aplikasi belajar memiliki cara belajar yang menyenangkan, sehingga anak dengan senang mengikutinya tanpa harus merasa bosan.

Tak hanya anak yang dimudahkan, kamu sebagai orangtua juga tahu bagaimana cara memberikan materi pembelajaran yang tepat kepada anak. Selama belajar di rumah, anak juga mendapatkan banyak materi yang seharusnya mereka pelajari di sekolah.

RECOMMENDED BY EDITOR