Brilio.net - Keluarga identik dengan kesamaan sifat dan rasa. Dengan kesamaan tersebut maka akan lebih mudah untuk berkolaborasi melakukan sesuatu atau berkarya bersama. Seperti yang dilakukan oleh keluarga penulis serta pelukis, Seruni Art Management, yang menciptakan karya kolaborasi berupa buku berjudul “Amor Fati”.

Buku berjudul “Amor Fati” ditulis oleh penulis muda, Ratu Pandan Wangi (22). Mahasisiwi UGM (Universitas Gadjah Mada) ini mengatakan karya tersebut merupakan kolaborasi tulisan dan lukisan yang dikemas menjadi sebuah buku kumpulan cerpen.

“Jadi keluargaku seniman semua, lalu mempunyai ide untuk membuat karya kolaborasi. Kami saling mersepon karya masing-masing, yakni menuliskan lukisan mereka atau menulis lukisan saya,” katanya.

v © 2017 brilio.net

Pandan sendiri adalah seorang penulis. Sementara kakaknya bernama Seruni Bodjawati adalah seorang pelukis dan ibunya bernama Wara Anidya adalah pelukis.

Loading...

Buku “Amor Fati” terdiri dari 20 kumpulan cerpen dilengkapi ilustrasi berupa lukisan. Buku ini launching pada pameran ke-empat karya seni keluarga Seruni Art Management, sekitar akhir Maret 2017. Karya kolaborasi ini juga dicetak secara pribadi oleh keluarga ini di bawah Seruni Art Management Publishing.

“Kami mencetak buku secara pribadi dan bisa didapatkan dengan memesan langsung atau online ke management kami,” jelas Pandan.

Pandan, adik Seruni Bodjawati pelukis dari Jogja ini juga berbagi tips menulis. Menurut dia, untuk menjadi penulis perlu memiliki empat kiat. Yang pertama jangan takut tulisan jelek, karena tulisan jelek diawal belajar menulis adalah hal biasa. Tips kedua jangan malu mempublikasikan tulisan. Ketiga yakni jangan takut kritik, karena justru kritik mampu meningkakan kualitas tulisan. Yang terakhir yakni penting membaca karya secara berulang, terutama karya-karya penting karena itu dapat mengolah kepekaan kita dalam memahami tulisan.

Bagaimana guys, ingin menulis dan membuat karya bersama keluarga juga?

Reporter: Kurnia Putri Utomo

RECOMMENDED BY EDITOR