Brilio.net - Kata saham tentu saja sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, baik sebagai masyarakat awam maupun sebagai pelaku bisnis atau investasi. Saham sangat erat kaitannya dengan keberadaan suatu perusahaan, bahkan secara harfiah saham dapat diartikan sebagai kekayaan atau nilai perusahaan.

Seperti yang diketahui bersama, maraknya sistem jual beli saham saat ini menjadi bagian dari gaya hidup modern, juga pilihan investasi yang dianggap sebagai bisnis menguntungkan secara praktis.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa, (12/04). Berikut ini penjelasan detail mengenai pengertian saham, lengkap dengan jenis, risiko, dan manfaatnya

Pengertian Saham

pengertian saham © 2022 brilio.net foto: pixabay.com

Saham adalah dokumen berharga yang menjadi penunjuk kepemilikan bagian dari suatu perusahaan. Keberadaan saham merupakan investasi menjanjikan dalam perusahaan, yang dapat diperjualbelikan dengan berbagai pertimbangan finansial suatu perusahaan. Pertimbangan tersebut dapat menjadi penentu harga suatu saham di pasaran.

Jika didefinisikan secara harfiah saham merupakan nilai dalam suatu pembukuan sebagai instrumen finansial, yang menunjukkan suatu kepemilikan dalam suatu perusahaan.

Maka ketika seseorang membeli saham dalam perusahaan tertentu maka ia akan menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut.

Saham memiliki persentase bagian tertentu, maka ketika terjadi proses jual beli biasanya berupa bagian-bagian kecil dari suatu kesatuan perusahaan. Tetapi yang penting diperhatikan adalah besaran persentasenya, sehingga dapat diketahui berapa banyak kepemilikan tersebut.

Terdapat definisi lain dari saham yang disampaikan oleh beberapa tokoh, yang dapat menambah wawasan kita sehingga memahami secara utuh mengenai keberadaan saham dalam suatu perusahaan dan juga nilai yang dimiliki.