Wilayah Rusia dan Amerika Serikat yang superluas.

fakta menarik rusia dan amerika serikat Berbagai sumber

foto: geographyrealm.com

Rusia adalah negara terluas di dunia. Dengan luas 17.125.191 km persegi, wilayah Rusia membentang dari Eropa utara sampai Siberia timur. Bahkan, jika dihitung-hitung luas negara ini mencakup seperdelapan daratan di planet bumi!

Sementara Amerika Serikat adalah negara yang terletak di benua Amerika Utara dengan luas wilayah total 9.147.590 km persegi. Meski daratan utamanya ada di Amerika Utara, negara paman Sam ini masih punya wilayah lagi di kepulauan Hawai di Samudra Pasifik dan Alaska yang terletak di sebelah barat Kanada.

Nah, wilayah Alaska inilah yang letaknya ternyata dekat dengan wilayah Rusia di Siberia Timur. Kedua wilayah ini menjadi titik timur benua Asia dan titik paling barat benua Amerika.

Antara kedua wilayah ini dipisahkan oleh lautan bernama Selat Bering yang punya lebar 83 km. Bahkan, faktanya di tengah-tengah Selat Bering terdapat dua pulau yang masing-masing diklaim menjadi milik kedua negara tersebut.

fakta menarik rusia dan amerika serikat Berbagai sumber

foto: geographyrealm.com

Pulau itu bernama Big Diomede di sebelah timur yang diklaim Rusia dan Little Diomede milik Amerika Serikat. Jarak antara dua pulau ini hanya 3,8 km. Jadi secara teknis, faktanya Rusia dan Amerika Serikat adalah negara tetangga yang hanya dipisahkan oleh lautan sejauh 3,8 km!