Brilio.net - Perkembangan teknologi robotika memang semakin mengagumkan. Kalau sebelumnya ada robot mirip manusia tapi kaku, maka kamu harus menilik robot pintar yang satu ini. Tim dari Hanson Robotics meluncurkan robot yang sangat mirip manusia, Sophia. Bukan hanya dari segi fisik tapi juga emosi dan gerak-gerik tubuhnya.

Sophia, robot cewek buatan David Hanson dan tim dari Hanson Robotics terinspirasi dari bintang film kondang Audrey Hepburn dan istri Hanson sendiri. Sophia mulai aktif pada 19 April 2015 lalu.

Robot yang terbuat dari silikon paten memiliki kemampuan meniru lebih dari 62 ekspresi wajah. Matanya yang terbuat dari kamera dikombinasikan dengan algoritma komputer. Dengan begitu, dia bisa melihat, mengikuti ekspresi wajah, membuat kontak mata, dan mengenali individu lawan bicaranya.

Sophia sendiri merupakan robot cewek berbasis android. Maka untuk memungkinkannya memproses percakapan dan menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu, digunakan kombinasi teknologi pengenalan suara Alphabet's Google Chrome. Tak hanya itu, guna menyempurnakan Hanson menjalin kerjasama dengan IBM dan Intel untuk mengeksplorasi pengintegrasian beberapa teknologi mereka.

"Tujuan kami adalah dia (Sophia) akan seperti dalam kondisi sadar dan kreatif sebagaimana kebanyakan manusia. Kami sedang merancang robot ini untuk menjalankan fungsi pelayanan dalam bidang perawatan kesehatan, terapi, pendidikan, dan layanan pelanggan," kata Hanson sebagaimana dikutip brilio.net dari laman CNCB, Senin (21/3).

Dengan perkembangan seperti ini, Hanson mengakui suatu saat akan sulit membedakan antara manusia dan robot. Sebab robot berjalan, bermain, mengajar, membantu, dan bisa menjalin hubungan nyata dengan orang-orang. Dia mencoba meyakinkan keberadaan robot itu bukan tidak memanusiakan manusia, tapi justru sebaliknya.

Mau tahu seperti apa Sophia dan responsnya ketika diajak berinteraksi? Berikut videonya yang dijamin bikin kamu keheranan:

 

This Hot Robot Says She Wants to Destroy Humans

Meet Sophia, Hanson Robotics' human-like robot that may embody the androids of our future.Read more: http://cnb.cx/1M8gFg1

Posted by CNBC International on Thursday, March 17, 2016