Brilio.net - Istilah resume sudah sangat familiar terdengar, namun jarang yang mengetahui lebih dalam tentang topik ini. Sebenarnya apa itu resume? Resume adalah suatu ringkasan yang terstruktur dan tertulis, seperti dalam pendidikan berupa latar belakang, serta kualifikasi seseorang.

Selain itu, resume diartikan sebagai ringkasan atau juga bisa sebuah rangkuman yang dibuat berdasarkan tulisan maupun karangan panjang, dengan cara mengambil bagian pokok penting serta membuang seluruh rincian atau ilustrasi yang kurang penting.

Resume dapat digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu untuk merangkum ide pokok dari sebuah buku atau skripsi. Selain itu, resume juga dapat digunakan dalam dunia administrasi kerja. Biasanya, untuk melamar kerja perusahaan meminta resume sebagai bentuk syarat untuk mengetahui latar belakang pelamar. Resume dalam dunia kerja juga sebagai bentuk promosi yang dibuat sebagai upaya menjual potensi diri saat memasuki dunia kerja.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai unsur, jenis, dan cara membuat resume, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (16/6).