Brilio.net - Warganet belum lama ini dibuat kagum dengan aksi sekelompok mahasiswa. Sebuah video yang diunggah di TikTok itu banjir pujian karena tindakan mereka. Dalam video singkat itu, tampak beberapa mahasiswa memberikan kejutan kepada temannya dengan membelikan HP. Diketahui aksi itu berawal dari salah seorang temannya yang kesulitan mengikuti kuliah online. Hal itu disebabkan karena ia tak memiliki HP. Sementara itu, masa ujian tengah semester (UTS) semakin dekat.

"Jadi ini temen kuliah kita. Selama pandemi dan kuliah online tidak pernah ikut perkuliahan karena tidak punya HP. Ini sudah masuk minggu UTS tapi dia belum ikut perkuliahan online sama sekali," begitu ungkap pemilik akun @yenliu_.

Melalui unggahan tersebut, tampak teman yang merupakan mahasiswa laki-laki itu berkumpul dengan temannya sembari memperhatikan materi kampus. Melihat situasi tersebut, @yenliu_ dan teman sekelasnya pun berinisiatif untuk memberikan kejutan. Mereka mengumpulkan uang bersama untuk membelikan temannya sebuah HP.

Mahasiswa iuran untuk beli HP teman © TikTok

foto: TikTok/@yenliu_

"Kita teman sekelas inisiatif kumpulin uang buat beliin dia HP agar bisa ikut kuliah online dan bisa dapat informasi tentang perkuliahan," lanjutnya.

Dengan ide tersebut, para mahasiswa pun berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp 1 juta. Sesuai dengan rencana, mereka membeli sebuah HP Android sebagai hadiah untuk teman kuliahnya.

Para mahasiswa jurusan Manajemen tersebut akhirnya menentukan hari untuk menyerahkan HP. Mereka sengaja berbohong dengan mengatakan jika hari itu merupakan hari perkuliahan online, sehingga sahabatnya bisa datang dan mendapatkan hadiahnya. Rupanya kejutan itu pun berhasil membuat laki-laki itu tersenyum haru.

Mahasiswa iuran untuk beli HP teman © TikTok

foto: TikTok/@yenliu_

"Suasananya jadi haru banget dan ini dia lagi bilang terimakasih ke kita semua karena sudah bantu beliin dia HP buat bisa pake kuliah online nanti," lanjutnya.

Rupanya aksi yang mereka lakukan ikut menularkan kebahagiaan untuk warganet. Bahkan ada pula yang mengusulkan untuk membuka donasi pembelian laptop. Menariknya, hal ini disetujui para mahasiswa asal NTT itu dengan membuka donasi untuk mempermudah perkuliahan temannya.

"Ada banyak sekali komentar positif dari teman2 semua yang membuat kita beranikan diri untuk membuka donasi, donasinya melalui kitabisa.com," jelasnya.

Mahasiswa iuran untuk beli HP teman © TikTok

foto: TikTok/@yenliu_

Respons baik pun semakin ramai dalam akun @yenliu_. Tak sedikit yang memberikan apresiasi dengan ide mereka. Banyak pula yang akhirnya ikut berdonasi dalam ide para mahasiswa itu.

"Semoga masnya semangat kuliah, jadi penerang untuk keluarganya," ujar @uchaannisa.

"Suatu saat dia sukses dia bakal ingat kalian semua, sukses buat temen-temen yang baik hati," komentar @martaulinababan.

"Ini baru teman kuliah seperjuangan, semangat untuk kita yang kuliah online," tambah @may_.

@yenliu_ #berbagiituindah #fypdongggggggg #fyp Tersenyumlah Kau Sobat - Adlani Rambe