Brilio.net - Tetap produktif pada masa pandemi banyak sekali tantangannya. Pertama, kamu tak punya fasilitas sebanyak di kantor saat di rumah. Selain itu, komunikasi antar teman juga sering terhambat karena lewat chat atau telepon. Kendala internet juga sering jadi momok bagi mereka yang kerja dari rumah atau WFH.

Tak perlu berkecil hati, rintangan yang sulit ini malah menghasilkan gaya bekerja baru yang inovatif. Selama bisa beradaptasi, produktivitas bisa kembali seperti semula atau bahkan meningkat dibandingkan saat bekerja di kantor. Hal ini terlihat jelas bagi para pekerja seni atau media yang harus tetap menghasilkan karya di tengah pandemi.

Contoh saja Mentor HP Creators Connect Eka Gustiwana, Angga Sasongko, Joko Anwar, dan Nicoline Patricia. Mereka bisa tetap produktif dengan merencanakan produksi film atau musik di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya. Perencanaan, pemotretan, atau produksi musik juga tetap harus jalan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Bagaimana sih rahasia dan cara mereka tetap produktif pada masa pandemi ini? Padahal sekarang sangat susah sekali untuk bisa keluar rumah dengan aman. Yuk, kita lihat bagaimana mereka tetap bisa berkarya walaupun banyak rintangan menghadang, seperti ulasan Brilio.net di bawah ini.


1. Memulai hari dengan pagi yang penuh semangat.

Produktif saat pandemi, yuk intip kegiatan Mentor HP Creators Connect berbagai sumber

foto: Instagram/@ekagustiwana

Pagi jadi momen paling penting bagi Eka Gustiwana. Pria yang pernah viral karena musik hasil remix ini mengaku bahwa momen pada pagi hari digunakan untuk menulis ide-ide baru.

Selain itu, rencana dan diskusi juga dilakukan pada pagi hari saat sedang segar-segarnya. Sambil ngeteh, momen ini jadi yang paling penting bagi Eka.

"Saya dan istri, Yessiel Trivena senang mengawali hari dengan menghabiskan waktu ngeteh bareng sebelum memulai hari," ujarnya di postingan Instagram.


2. Membaca buku.

Produktif saat pandemi, yuk intip kegiatan Mentor HP Creators Connect berbagai sumber

foto: Instagram/@ekagustiwana

Buku ternyata menjadi salah satu sumber inspirasi bagi Eka Gustiwana. Waktu luang selama pandemi bisa menjadi produktif dengan membaca. Banyak sekali manfaat membaca buku bagi Eka.

"Kalau selama ini kita suka nggak bisa ngatur cara kerja otak, suka lemah sama pikiran (dikalahin pikiran sendiri), insomnia, setelah baca buku jadi dapat sudut pandang baru. Intinya, jadi lebih positif nanggapi segala sesuatu," tegasnya.


3. Memperhatikan protokol kesehatan saat syuting.

Produktif saat pandemi, yuk intip kegiatan Mentor HP Creators Connect berbagai sumber

foto: Instagram/@anggasasongko

Protokol kesehatan sangat penting ketika harus bekerja dengan banyak orang. Sutradara film Filosofi Kopi ini mewajibkan semua krunya memakai masker dan menjaga jarak saat ada di lokasi. Selain itu, skenario juga harus diatur sedemikian rupa agar bisa syuting berjalan dengan baik.

"Tapi mudah2an suatu hari nanti, pas nonton ulang film ini, saya bisa kembali mengingat masa ini. Masa di mana solidaritas dan kreativitas diuji. Pengingat bahwa kita pernah kuat menghadapi batas - batas," tulisnya dalam postingan di atas.


4. Mencari inspirasi dari musik.

Produktif saat pandemi, yuk intip kegiatan Mentor HP Creators Connect berbagai sumber

foto: Instagram/@anggasasongko

Mencari inspirasi saat berkarya bisa ditemukan di mana saja. Bagi Angga, musik memegang peranan penting dalam film. Bahkan, dia mengatakan bahwa mendapatkan inspirasi musik terlebih dahulu daripada filmnya.

"Gak bisa main musik, tapi gak bisa jauh-jauh dari musik. Malah hampir semua film saya dibentuk dari menemukan musiknya dulu," jelasnya.


5. Meningkatkan portofolio.

Produktif saat pandemi, yuk intip kegiatan Mentor HP Creators Connect berbagai sumber

foto: HP Mentorship Project 1

Sebagai pekerja seni, portofolio sangat penting artinya. Kesan pertama saat calon klien melihat karyamu akan menjadi penentu kamu bisa mendapatkan job atau tidak, hal ini pastinya dapat diaplikasikan di segala minat industri kreatif, baik fotografi, musik maupun perfilman.

 

Walau di rumah, kreator tentunya bisa tetap produktif dan berkarya dengan berbagai cara. Salah satunya HP baru saja menjalankan HP Creators Connect. Bekerja sama dengan Kreavi, para kreator mengumpulkan portofolio dinamis mereka ke program ini agar mendapatkan kesempatan untuk kelas-kelas seru bersama Nicoline P. Malina, Angga D. Sasongko, Joko Anwar, dan Eka Gustiwana.

Nggak sampai situ saja, para mentor juga akan memilih empat kreator untuk di showcase di Kreavi dan berbagai social channel dengan dukungan HP. Mereka juga akan mendapatkan HP ENVY x360 agar semakin berkembang dan tetap berkarya di rumah.

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan di hpcreatorsconnect.kreavi.com. Lewat platform ini, kamu bisa langsung cek portofolio-portofolio yang sudah dikurasi Nicoline, Angga, Joko dan Eka, serta pemenang dari HP Creators Connect. Stay tuned!

 

RECOMMENDED BY EDITOR