Brilio.net - Memindahkan sebuah rumah dari satu tempat ke tempat lain secara utuh bukan perkara mudah, dan sangat mustahil untuk dilakukan. Namun berbeda dengan aksi seorang makelar rumah asal California ini, ia sanggup memindahkan sebuah rumah secara utuh ke lokasi lain. Tak menggunakan ribuan balon seperti di film Up, ia memindahkan rumah utuh dengan truk tanpa bak.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com pada Senin (1/3) pria bernama Tim Brown awalnya membeli rumah bergaya Victorian yang usianya sudah mencapai 139 tahun. Setelah membelinya, Tim Brown memindahkan rumahnya ke lokasi yang lebih sesuai baginya. Proses pemindahan rumah secara utuh ini pun mendapat sorotan warga. Rumah tersebut dipindahkan ke lokasi baru yang berjarak kurang lebih 965 meter pada pekan lalu, Minggu (21/2).

Pria pindahkan rumah © 2021 brilio.net

foto: Google Maps

Tim Brown membeli rumah tersebut sejak tahun 2013. Rumah itu ia beli dengan harga $2.6 Milions atau senilai dengan Rp 37 miliar. Sebelum dipindahkan, rumah ini berdiri di sebuah kawasan yang cukup strategis dan bernilai jual mahal. Brown berencana untuk membangun apartemen modern yang berisi 48 unit di lokasi itu, sehingga ia harus menyingkirkan rumah tersebut. Namun karena desain rumahnya unik dan bersejarah, maka Brown merasa sayang jika rumah tersebut harus disingkirkan dengan cara dihancurkan. Sehingga, ia memutuskan untuk memindahkan rumah itu secara utuh.

Pria pindahkan rumah © 2021 brilio.net

foto: AP Photo/Noah Berger

Pemindahan rumah berusia 139 tahun ini dimulai sejak pukul 6.15 pagi waktu setempat. Sejumlah alat berat pun dikerahkan dan membuat macet kawasan tersebut selama proses pemindahan rumah. Biaya yang dikeluarkan oleh Tim Brown selama proses pemindahan ini adalah $400,000 atau senilai dengan Rp 5,7 Miliar.

Rumah tua itu dipindahkan dengan alat berat dan ditarik sebuah truk besar tanpa bak. Kejadian unik ini pun menarik perhatian warga untuk menontonnya. Penonton berbaris di trotoar untuk mengambil foto saat bangunan itu berpindah, dengan kecepatan tertinggi 1 mph, ke 635 Fulton St.

Pria pindahkan rumah © 2021 brilio.net

foto: thesun.co.uk

Proses pemindahan rumah tersebut berjalan cukup lama, dari pagi hari hingga menjelang malam waktu setempat. Setelah mengangkut satu rumah utuh, roda kendaraan yang mengangkutnya nampak kempes. Rencananya setelah dipindahkan, Brown akan mengubah rumah tersebut menjadi sebuah huniah mewah dengan 7 unit terpisah.