Brilio.net - Sebuah catatan rekor baru dan teraneh berhasil dicatat oleh pria bernama Verma. Pria pensiunan asal India itu baru saja memecahkan rekor nasional dengan melakukan aksi menatap matahari selama satu jam tanpa berkedip.

Melansir dari Oddity Central, Kamis (9/12), pria berusia 70 tahun itu berasal dari bagian Uttar Pradesh, India. Usahanya untuk memecahkan rekor ini bukan sekejap mata. Selama hampir 25 tahun ia berlatih untuk mendapatkan prestasi luar biasa tersebut. Verma mengaku terinspirasi oleh seorang spiritualis di tempat tinggalnya.

Aksi menatap matahari selama satu jam tanpa berkedip itu dipantau oleh perwakilan dari Book of Records India, serta kelompok politisi dan pakar medis.

pria india tatap matahari tanpa kedip © 2021 berbagai sumber

foto: Facebook/KameraOne

Setelah satu jam menatap matahari secara langsung, mata Verma masih dianggap normal meski memandang matahari tanpa kacamata dan tanpa berkedip.

Alhasil Verma berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat beberapa tahun lalu oleh pria India lain. Pemecah rekor sebelumnya berhasil menatap matahari dengan mata telanjang tanpa berkedip selama 10 menit.

pria india tatap matahari tanpa kedip © 2021 berbagai sumber

foto: Facebook/KameraOne

Sekalipun Verma tampak baik-baik saja dan tidak berpengaruh setelah menatap matahari dengan mata telanjang selama satu jam, para ahli tetap memperingatkan bawah tindakannya itu bisa berbahaya jika dilakukan terus menerus.

Risiko yang bisa diterima diantaranya mengalami kerusakan retina mata yang mungkin tidak bisa diperbaiki. Kendati demikian aksi 'sun gazing' bagi sebagian orang masih dianggap bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan seorang guru ada yang menyebutkan 'sun gazing' sebagai salah satu bentuk pengobatan gratis.