Brilio.net - Banyaknya kasus bunuh diri belakangan ini membuat banyak orang yang mulai memberikan perhatian lebih kepada kesehatan mental. Salah satu penyakit mental yang paling banyak diderita orang di dunia adalah skizofrenia.

Dikutip dari Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ), yaitu sekelompok gangguan psikosis fungsional yang ditandai oleh distorsi pikiran dan efek yang tidak wajar. Biasanya penderita skizofrenia ini sering mengalami halusinasi, delusi, melihat hal-hal aneh, atau mendengar bisikan-bisikan yang sebenarnya tidak ada.

Pemilik akun TikTok @xoradmagical membagikan kisahnya sebagai penderita skizofrenia. Pria ini pun membuat beberapa gambaran dan video simulasi, apa saja yang ia lihat dan dengar.

penglihatan dan bisikan penderita skizofrenia © 2021 brilio.net

foto: TikTok/@xoradmagical

Terlihat bahwa ia seperti melihat gambaran wajah abstrak yang melayang di hadapannya. Kadang objek tersebut bisa terlihat kecil atau besar. Terdengar pula bisikan-bisikan aneh yang seakan berbenturan satu sama lain.

Melalui video ini, warganet pun bisa ikut merasakan bagaimana rasanya menderita skizofrenia. Beberapa komentar warga +62 juga turut meramaikan. Tak sedikit yang pada akhirnya ketakutan, namun ada pula mengaku pernah mengalami hal serupa.

@xoradmagical

##hearingvoices ##neurodivergent ##schism ##drawing ##hallucination ##schizoaffective ##bipolar ##psychosis ##schizophrenia ##artist ##manic ##artwork ##drawing

original sound - XORAD

 

"gua takut sendiri lama lama nontonnya," komentar akun @stfu.

"sumpah ini yang gw rasain dulu wkwk bedanya gw liat ekspresinya itu di benda-benda yang gw liat, tiap malem juga denger bisik-bisik," kata akun @sweetenthusiast.

"gw ngrasa kasihan sama orang yang udah kena masalah mental, ga bisa ngebayangin capeknya mereka kalau tiap harinya harus kayak gini," komentar akun @Ketrin.