Brilio.net - Kematian Haringga Sirla, salah satu pendukung Persija Jakarta (The Jakmania) pada Minggu (23/9) kemarin tentunya menjadi catatan hitam dalam dunia sepak bola Indonesia. Saat itu, pemuda 23 tahun itu harus merenggang nyawa setelah dikeroyok oleh beberapa oknum pendukung Persib Bandung (Bobotoh) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Persatuan sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pihak-pihak terkait langsung mengambil tindakan atas peristiwa tragis tersebut. Buntut peristiwa yang menewaskan Haringga ini membuat PSSI menghentikan pertandingan Liga 1 untuk sementara waktu.

Rupanya, peristiwa pengeroyokan antara Bobotoh dan Jakmania ini menggerakkan hati seorang pria bernama Eko Permadi untuk melakukan kampanye perdamaian di antara dua pendukung sepak bola tersebut. Pria asal Bandung ini bahkan langsung turun ke jalanan untuk menyuarakan aksi damainya itu.

Aksinya tersebut ia bagikan pada akun Instagram pribadinya. Dari video itu Eko terlihat sedang berdiri di pinggir Jalan Asia Afrika, Bandung sambil membawa sebuah spanduk yang bertuliskan aksi perdamaian. Pada kertas tersebut ia menginstruksikan untuk memeluknya jika setuju dengan pendapatnya. Bahkan saat itu ia juga terlihat mengenakan sweater yang sudah ditempel logo Persija Jakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KITA INDONESIA KITA MERAH PUTIH KITA PANCASILA yg cinta damai mangga di repost atau tag . . #ripharinggasirila #Thejakmania #Viking #Aremania #bonex #likeforlikes #likeforfollow #persib #bobotoh #persija #arema #persebaya #karangtaruna #indonesia #bandung #jakarta #persibday #persijaday Saya hanya berusaha untuk mendinginkan suasana ini tanpa ada maksud tertentu hampura Cc @bepe20 @persib_official @persijajkt @4tep @thejakmania.1928 @video_thejak_mania @rengrengan_uwa.ncoet @19raden_alip28 @radotvalent

A post shared by eko_satpam (@eko_satpam) on

Loading...

Tak tanggung-tanggung, pria yang sehari-harinya bekerja sebagai satpam ini bahkan mengkampanyekan perdamaian itu sampai ke Jakarta. Dengan mengenakan sweater yang sama dan mengganti logonya menjadi Persib Bandung, ia kembali menyuarakan aksi damainya di depan Monas. Dari unggahannya itu diketahui bahwa saat itu Eko mendapat pengawalan dari Jakmania.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Bismillah 05'48 wib ...aku hanya berusaha dan ngadoa saja Hatur nuhun #Jakmania yg udah ngawal aku Hatur nuhun bang DIKI pemberian jersey persijanya .cameramen @aap_sag . @persijajkt @persib_official @aremafcofficial @officialpersebaya @pssi__fai Punteun ka seuseupuh Kang @yanaumar33 @dj.urreh Mohon maaf bila ada salah salah kata #jakmania #viking #aremania #persebaya #bobotoh #thejakmania #bonex #psm #psis #baritoputra #mitrakukar #persipura #pstira #baliutd #madurautd #persela #sriwijaya #semenpadang #ripharinggasirila hanya org seni cinta sepakbola indonesia @deden_natshir01

A post shared by eko_satpam (@eko_satpam) on

Kampanye perdamaian yang dilakukan Eko ternyata menuai beragam komentar dari warganet. Tidak sedikit yang memuji dan menyebutnya mempunyai nyali yang besar untuk melakukan hal tersebut.

"Nyalinya bukan main," komentar akun @ffmaulana.

"Mntp bagus supaya suporter di indonesia damai," ungkap akun @raysa_f_a_008.

"Ini baru benar..bg..salam dr medan sumut..kami harap semua kita damai dan hentikan kekerasan.jngan mau di adu domba dan di propokasi.ini akibat manusi yg tidak bertanggung jawab..cukup bg jngan ada korban lagi.kita manusia berakal..binatang sekalipun pintar memilih mana yg baik dan benar.," ujar akun @accuradani.

"Salah satu aksi damai yg cukup kreatif, semoga DAMAI itu terjadi. Amin.," tulis akun @rian.andrea.

"Respect saya pada anda , semoga lebih byk lgi orng orng seperti anda @eko_satpam orng orng yg ingin menyatukan seporter indonesia," tambah akun @ryannbubble.

RECOMMENDED BY EDITOR