Brilio.net - Berbicara perihal bahan bakar minyak atau BBM, maka yang paling sering terpikirkan adalah bensin karena ini yang paling banyak ditemui. Bensin ini biasanya diperuntukkan bagi kendaraan bermotor yang juga banyak digunakan masyarakat, seperti sepeda motor, mobil, truk dan sebagainya.

Padahal BBM juga diperlukan kendaraan bermesin lainnya meski namanya berbeda. Salah satu yang jarang terungkap adalah BBM untuk pesawat terbang. Tak sedikit yang penasaran dengan BBM untuk pesawat ini, seperti harganya per liter atau berapa liter yang diperlukan untuk sekali jalan.

Baru-baru ini di media sosial TikTok seorang pria membocorkan biaya pengisian bahan bakar pesawat jenis avtur di media sosial. Harganya bikin warganet melongo. Pria yang berprofesi sebagai pilot tersebut membagikan proses pengisian bahan bakar pesawat yang disebut avtur tersebut di akun TikTok pribadinya @sendy_id pada (5/9) lalu.

Pria ini bocorkan harga avtur pesawat Jakarta-Malang TikTok

foto: TikTok/@sendy_id

Dalam video berdurasi 37 detik tersebut, Sendy memperlihatkan bagaimana sebuah pesawat komersial beroperasi sebelum terbang. Sendy menunjukkan momen pesawat penumpang rute Jakarta-Malang mengisi bahan bakar. Tidak itu saja, dia juga memamerkan harga avtur pesawat per liternya.

Pengunggah memperlihatkan struk pembelian avtur pesawat yang bertuliskan angka 10.165 liter, untuk pesawat tujuan Jakarta ke Malang, Jawa Timur. Harga per liter avtur dibandrol Rp15.000, menurut data di web resmi Pertamina. Sehingga jika dijumlahkan, perusahaan harus menyiapkan dana untuk keperluan membayar bahan bakar tersebut sekitar Rp 153 juta.

Pria ini bocorkan harga avtur pesawat Jakarta-Malang TikTok

foto: TikTok/@sendy_id